Liburan ke Jogja? Mari Nikmati Keindahan Pantai di Jogja Berikut Ini

Jogja juga memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang menarik hati. Tak hanya Pantai Parangtritis saja, namun ada sejumlah pantai yang pesonanya jauh lebih memikat dari pantai paling terkenal di Jogja. Mau tahu dimana saja lokasinya? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pantai Kesirat

Berbeda dengan pantai – pantai lainnya yang berada di kawasan Gunung Kidul lainnya, Pantai Kesirat mempesona dengan karakternya sebagai pantai bertipe tebing karang. Tak ada pasir putih atau pemandangan buih ombak yang menepi di pantai, hanya saja terdengar suara – suara deburan ombak yang pecah menabrak sisi – sisi karang.  Tepat di pinggir tebing terdapat sebuah pohon tunggal tumbuh dan terlihat mencolok dan menarik perhatian.

2. Pantai Jogan

Dari puluhan pantai yang tersebar di wilayah pesisir pantai Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi yang istimewa karena memiliki keunikan tersendiri yaitu air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir laut Jogan. Ketinggian air terjun tersebut sekitar 10 meter dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara. Pantai Jogan berlokasi di Dusun Wates, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Berjarak sekitar 70 km dari Kota Jogja dan dapat ditempuh dengan waktu 2 jam atau sekitar 200 m ke arah barat Pantai Siung.

3. Pantai Butuh

Pantai Butuh ini merupakan pantai yang terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Dari Kota Yogyakarta berjarak sekitar 60 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 30 menit. Pantai Butuh ini diapit oleh pegunungan karst dan pepohonan yang masih rimbun, birunya air laut serta ombak yang menepi dan menghantam bebatuan sungguh pantai ini luar biasa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.