Mari Mempromosikan Pariwisata Indonesia Seperti yang Dilakukan Leonardo Dicaprio

Beberapa waktu terakhir ini aktor kenamaan Hollywood, yakni Leonardo DiCaprio mendapatkan banyak sorotan. Pasalnya beberapa bulan lalu dalam ajang Piala Oscar 2016 ia mendapatkan penghargaan yang selama ini dinantikan. Menjadi sebuah kabar gembira sebab Leo, sapaan akrabnya, hanya bisa puas dengan mengisi nominasi saja. Tak berselang lama Leo yang juga cukup aktif dalam aksi Go Green memajang fotonya di Aceh, Indonesia, melalui akun Instagramnya.

Dalam beberapa foto yang diunggah memperlihatkan Leo tengah berada cukup dekat bersama Gajah Sumatra dan Orangutan. Kunjungannya di Pulau Sumatra beberapa waktu lalu memang dilakukan secara mendadak dan tidak ada publikasi sama sekali. Pada kunjungan tersebut Leo memandang hutan Sumatra yang sangat hijau dan mendengarkan suara Orangutan saling bersautan. Melihat apa yang dipandanginya membutuhkan waktu dua jam tanpa jeda. Berkat kunjungan dan foto yang diuploadnya membuat nitizen mengenal Taman Nasional Gunung Leuser.

Sebab bersama foto-foto tersebut ia juga menambahkan hastag #LeuserEcosystem yang menjadi upaya promosi mengagumkan. Tindakan ini menjadi sebuah upaya mempromosikan kawasan wisata berupa Taman Nasional di tanah air kepada masyarakat dunia. Melihat semangat memperkenalkan Taman Nasional Gunung Leuser meski bukan orang asli Indonesia. Menjadi sebuah pesan bagi Kita yang merupakan masyarakat Indonesia untuk ikut mempromosikan aset wisata di tanah air. Pariwisata yang berkembang di suatu daerah mendukung kemajuan daerah tersebut dan memperkenalkan lebih banyak kekayaan Indonesia.

Promosi Aset Wisata yang Mudah dan Murah

Ada ribuan tempat menarik yang bisa menjadi magnet wisatawan dunia mampir ke Indonesia dan bisa dipromosikan dengan mudah. Salah satunya melalui media sosial yang kini menjadi sebuah kebutuhan bagi pengguna media online. Mempromosikan aset pariwisata tanah air pun cukup mudah diantara upaya sederhana yang bisa dilakukan adalah:

1. Mengambil foto pemandangan lokasi yang dikunjungi,
Indonesia pada dasarnya memiliki pemandangan alam yang cukup langka di beberapa negara, terutama untuk negara empat musim. Pemandangan hijau dengan lebih banyak jenis tanaman dan pepohonan sudah mengungkapkan segelintir kekayaan alam yang dimiliki.

Manfaatkan kunjungan yang dilakukan dengan mengabadikan pemandangan yang disuguhkan terlebih di moment tertentu. Misal saat mendaki gunung bisa mengabadikan moment matahari terbitnya yang cukup indah dan membuat penasaran para turis asing. Deburan ombak yang juga bertepatan dengan peselancar yang melenggang di atas papan selancarnya. Intinya pemandangan yang disaksikan di tempat tersebut jika diabadikan dan dibagikan di media sosial sudah termasuk ke dalam kegiatan promosi wisata.

2. Berfoto selfie di sebuah tempat wisata,
Semua orang tentu gemar melakukan selfie untuk menunjukkan bahwa pernah singgah di lokasi wisata indah tersebut. Lakukan selfie dengan kamera yang beresolusi tinggi dan berikan mimik terbaik untuk menunjukkan tengah bahagia di lokasi tersebut. Ekspresi yang mantap didukung oleh background panorama obyek wisata yang memukau memiliki daya tarik yang luar biasa. Menjadi duta wisata kini semakin mudah untuk dilakukan dan siapa saja bisa menjadi bagian dari duta pariwisata tersebut.

Apabila kamera yang dimiliki hasilnya kurang memuaskan maka jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi editing. Beberapa media sosial bahkan menyediakan fitur editing foto yang hendak diunggah sehingga hasilnya bisa maksimal. Memanfaatkan semua elemen online menjadi jalan termudah dan termurah untuk mendukung promosi pariwisata di tanah air. Jika warga negara asing bangga berkunjung ke Indonesia, mengapa Kita yang tinggal disana enggan untuk bangga?

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.