Lau Mentar Canyon, Airnya yang Jernih Berwarna Hijau Kebiruan Menjadi Daya Pikat Tersendiri

Menikmati liburan bagi sebagian orang akan terasa lebih menyenangkan memilih berkunjung ke lokasi wisata alam yang medannya menantang. Indonesia memang menyimpan beragam tempat yang berpotensi besar menjadi wisata favorit. Keindahan alam tanah air menjadi salah satu magnet bagi wisatawan untuk menjelajahi setiap tempat indah tersebut. Sebagai masyarakat yang lahir di tanah Nusantara yang kaya keindahan, menjadi tantangan tersendiri untuk menjelajahi tempat – tempat eksotis.

Wisata ke Lau Mentar Canyon

Beberapa daerah di Indonesia memiliki beberapa tempat cantik dan indah namun belum begitu terekspose oleh media. Kabupaten Deli, Serdang bisa menjadi destinasi yang cukup menantang sebab memiliki Lau Mentar Canyon. Lau Mentar Canyon merupakan sebuah sungai yang indah, airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan menjadi daya pikat. Uniknya meski menjadi sungai yang sangat indah lokasinya yang jauh dari pemukiman membuatnya masih asri hingga sekarang. Sebuah surga kecil di Deli ini memang menyuguhkan suasana obyek wisata alam yang berbeda.

Semua keindahan yang tersimpan di dalamnya terjaga dengan sangat apik, terlebih untuk singgah kesini perlu melewati medan yang tidak mudah. Persiapan mental perlu dilakukan untuk menghadapi hal-hal berikut:

1. Jalan menuju Sungai Lau Mentar yang masih berupa bebatuan dan tidak beraspal.
2. Lama perjalanan bisa memakan waktu 4 hingga 5 jam, dan ketika tanah sedang basah bisa lebih lama lagi.
3. Lokasinya sepi sebab jauh dari pemukiman dan hanya terdapat 30 rumah penduduk yang tersebar di area sungai.

Pesona Menarik Lau Mentar

Meskipun membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk sampai di lokasi, semua pengorbanan terbayarkan bahkan lebih. Sebab sesampainya di lokasi tidak hanya bisa melihat panorama air sungai yang mengalir jernih. Namun terdapat pula beberapa obyek wisata alam lain yang mengitari kawasan lau Mentar Canyon. Berkunjung kesini bisa memberikan kesempatan melihat dan menikmati keindahan beberapa tempat berikut:

1. Goa Harimau,
2. Air Terjun Lau Mentar, dan
3. Goa Canyon yang juga sangat terkenal keindahannya.

Meski banyak tempat menarik yang terbentuk secara alami, tetap saja daya tarik utamanya adalah aliran Sungai Lau Mentar. Semua orang yang pernah berkunjung kesini mengungkapkan keinginan untuk menceburkan diri ke sungai sangatlah besar. Sebab air yang jernih mengalir dengan cukup lancar namun tidak terlalu deras dan keras. Ketika berencana mampir kesini ada baiknya menyiapkan baju ganti untuk menikmati sensasi kesegaran air gunung di Sungai lau Mentar.

Tips Berkunjung ke Lau Mentar

Meski masih dalam kondisi yang asri dan tidak tersentuh oleh sampah wisatawan seperti pada obyek wisata terkenal lainnya. Masuk ke kawasan Lau Mentar akan ditarik biaya retribusi sebesar Rp 75.000, biaya ini ditujukan untuk perawatan dan pengembangan obyek wisata di sekitarnya. Karena untuk sampai ke lokasi sungai perlu melewati medan yang sulit. Kita dianjurkan untuk menggunakan sepeda motor yang bisa disewa dari penduduk maupun guide setempat. Jika menggunakan mobil, akan membuat kesulitan sendiri sebab tidak bisa masuk jauh hingga ke lokasi.

Parkir mobil akan membuat Kita perlu berjalan kaki sekitar 2 jam lamanya lantaran jalan masuk cukup sempit dan masih berupa kawasan hutan. Membawa sepeda motor pun menjadi pilihan terbaik untuk membantu lebih cepat sampai dan hemat tenaga menuju lokasi. Kemudian pastikan motor yang digunakan non-matic agar bisa melewati medan yang masih berbatu dan aman untuk berboncengan.

Share this:

Leave a comment