Pantai Situngkir, Keindahan Pasirnya yang Berkilau Saat Terkena Sinar Matahari

Tak hanya pantai pinggir laut saja yang memiliki keindahan alam berupa pasir putih yang berkilau ketika terkena sinar matahari, namun nyata nya di Desa Situngkir, Pangururan, Samosir, Sumatera Utara juga terdapat sebuah pantai yang terkenal akan kekayaan pasir putih yang dimilikinya yaitu Pantai Situngkir. Pantai Situngkir berada di Sumatera Utara tepatnya di pinggir Danau Toba. Saat ini pantai tersebut telah dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Samosir dan menjadi tempat favorit baru yang menyuguhkan beberapa penginapan nyaman di pinggir pantai. Meskipun tak seramai pantai – pantai lainnya seperti Pasir Putih Paraba, namun Pantai Situngkir menawarkan keindahan yang tak kalah menariknya.

Pantai yang berada di bagian Utara Pulau Samosir memiliki pasir putih yang indah serta deburan ombak yang cukup kecil. Di sekitar pantai tersebut juga terdapat pepohonan yang rindang serta pemandangan pohon beringin dengan akar yang mmenjulang juga menjadi pemandangan yang menarik untuk Anda lihat. Fasilitas lainnya yang terdapat di Pantai Situngkir adalah jogging track, banana boat, spead boat dan kapal keliling. Hamparan pasir putih yang cukup luas yaitu sekitar 876 meter akan menjadi sebuah obyek wisata yang bisa membanggakan Kabupaten Samosir.

Seorang penjaga penginapan yang terdapat di pantai tersebut menuturkan jika pemandangan di Pantai Situngkir menjelang sore hari menjelang matahari terbenam akan terlihat sangat indah. Jadi para wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi obyek wisata ini akan bisa sepuasnya menikmati keindahan alam sekitar Pantai Situngkir. Nah, untuk kamu yang datang dari luar kota dapat juga menyewa penginapan yang terdapat di sekitar Pantai tersebut. Untuk harganya pun relative terjangkau yaitu mulai dari Rp 300.000 per malamnya dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Menikmati view Danau Toba serta matahari terbenam bisa kamu nikmati dengan puas dari penginapan tersebut.

Pantai Situngkir ini terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Terdapat 3 rute yang tersedia untuk mencapai lokasi tersebut. Rute pertama adalah dari Kota Medan menuju Berastagi hingga akhirnya sampai di Kabanjahe, lalu melanjutkan perjalanan kembali menuju Tigaras, dari Tigaras kamu bisa menumpang fery atau kapal penumpang menuju ke Simanindo dan dilanjutkan ke Parbaba. Rute yang kedua bisa dicapai melalui Kota Medan menuju Siantar lalu menuju Parapat, dari Parapat maka kamu bisa menyebrang ke Tomok Parbaba. Untuk rute yang ketiga, kamu bisa menempuh melalui rute Medan – Berastagi – Kabanjahe – Sidikalang – Tele – Parbaba.

Share this:

Leave a comment