Kuliner khas Sumatera Barat yang Cocok Untuk Menu Takjil di Bulan Ramadhan

Kuliner khas Indonesia memang sangat menggugah selera, tak heran jika di setiap daerah – daerah memiliki kuliner khas nya masing – masing. Di daerah Sumatera Barat, kamu bisa menemukan kuliner khas yang tentunya sudah tak asing terdengar di telinga yaitu Nasi Kapau dan Sate Padang. Kedua kuliner tersebut sudah sangat populer di kalangan masyarakat bahkan hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Jika kamu berkunjung ke Sumatera Barat pada Bulan Ramadhan maka kamu akan menemukan hal yang hanya bisa ditemukan pada bulan puasa saja yaitu banyaknya pedagang yang menjajakan berbagai sajian untuk berbuka puasa atau takjil. Nah, buat kamu yang ingin tahu menu takjil khas Sumatera Barat. Berikut ada beberapa rekomendasi kuliner khas Sumatera Barat yang bisa kamu nikmati, diantaranya adalah:

1. Bubur Kampiun

Setelah menjalankan ibadah puasa seharian menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga hingga menjelang maghrib maka tibalah waktu untuk berbuka puasa. Nah, salah satu kuliner khas Sumatera yang bisa kamu jadikan sebagai menu berbuka adalah Bubur Kampiun. Bubur ini identik dengan citarasa yang manis dan rasanya yang sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka. Bubur Kampiun ini merupakan bubur dengan tiga kombinasi antara bubur ketan, kolak pisang, cendol dan bubur sumsum yang disiram dengan kuah santan dan gula merah. Karena dalam satu porsi terdiri dari jenis yang beragam maka tak heran jika bubur ini cukup mengenyangkan dan menjadi menu yang pas untuk berbuka puasa.

2. Lemang Tapai

Untuk orang Minang, Lemang Tapai menjadi salah satu kuliner primadona untuk berbuka puasa karena makanan ini selalu  laris di setiap bulan puasa. Lemang ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan yang sudah  diberi sedikit garam dan dimasak dengan menggunakan bambu muda yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Cara memasaknya pun cukup unik yaitu menggunakan bara api. Untuk tapai nya sendiri terbuat dari beras ketan hitam yang sudah difermentasikan dengan ragi. Jika ingin menyantapnya bisa dilakukan dengan  dua cara yaitu lemang tapai nya diaduk secara bersamaan seperti makan kolak dan cara yang kedua dengan mencocolkan lemang yang sudah diiris tipis pada ketan hitam.

3. Serabi Kuah

Saat pertama kali mendengar namanya, pastinya sudah tak asing lagi terdengar di telinga kuliner yang satu ini yaitu Serabi Kuah. Serabi merupakan kuliner yang terbuat dari tepung beras dan santan seperti membuat pancake, namun bedanya serabi dimasak diatas tungku dan menggunakan wajan tanah liat. Memiliki citarasa yang gurih, namun jika ingin manis maka kamu bisa menambahkan gula merah. Jajanan tradisional ini bisa kamu temukan dimana saja tak terkecuali di daerah Sumatera Barat. Di Sumatera Barat, kamu bisa menemukan serabi kuah yang dimakannya diberi tambahan santan kelapa manis yang diberi tambahan gula aren.

4. Lapek Bugih

Jika dilihat dari bentuknya, Lapek Bugih memiliki bentuk kerucut seperti piramida dengan tekstur yang kenyal dan lengket. Sebagai isian, biasanya Lapek Bugih berisi gula merah atau parutan kelapa manis yang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Di Sumatera Barat, Lapek Bugih terbuat dari tepung ketan hitam dan tepung ketan putih yang diberi campuran gula pasir dan kemudian dilumuri santan yang lebih dominan sehingga akan terasa lebih gurih. Agar lebih menarik, Lapek Bugih di beri warna hijau atau merah muda.

5. Lompong Sagu

Sesuai dengan namanya, lompong sagu terbuat dari tepung sagu, pisang, dan gula merah, yang dimasak dengan bungkusan daun pisang.
Dengan cita rasa yang manis, lompong sagu memiliki tekstur yang lembut dan tentunya mengenyangkan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.