Minuman Penghilang Dahaga yang Pas Untuk Berbuka Puasa

Salah satu yang menjadi kuliner khas saat Bulan Ramadhan tiba adalah kue keringnya seperti kue putri salju, kue nastar, kue kastangel, dan lain sebagainya. Selain itu, aneka minuman segar juga berperan penting di setiap hari nya karena selain kue kering yang dipersiapkan untuk lebaran minuman segar juga bisa dijadikan sebagai salah satu menu pembuka saat bulan puasa. Di Indonesia, sebagian masyarakatnya sangat menyukai aneka es untuk menu berbuka. Tak heran jika es dijadikan sebagai salah satu pilihan menu berbuka untuk menyegarkan tenggorokan. Nah, berikut ada lima varian es yang bisa dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa. Diantaranya adalah:

1. Es Campur

Es Campur merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang dimana cara membuatnya dengan menggunakan berbagai macam buah – buahan yang dicampur dengan kolang – kaling, cincau, susu, roti, dan tambahan es serut diatasnya. Es campur memiliki citarasa yang lebih nendang dibandingkan dengan es buah lainnya, apalagi es ini sangat identik dengan warna – warni sehingga sangat menarik untuk segera dinikmati. Biasanya bulan puasa seperti sekarang, kamu akan dengan mudah menemukan es ini karena es campur banyak dicari untuk menu takjil.

2. Es Buah

Rasanya sudah tak asing lagi dengan es yang satu ini yaitu Es Buah. Tak hanya di bulan puasa saja, namun es buah bisa kamu temukan di hari – hari biasa. Es buah sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil buka puasa sebelum menikmati hidangan utama. Rasanya yang manis serta diberi campuran aneka macam buah dan bersatu padu dengan sirup dan susu dalam kuahnya, mampu menghilangkan dahaga setelah seharian full berpuasa. Biasanya dalam satu porsi es buah berisi macam – macam buah seperti strawberry, melon, buah naga, buah alpukat, dan lain sebagainya.

3. Es Kelapa Muda

Sebelum mulai menikmati makanan yang berat, lebih segar dan nikmat jika minum es kelapa muda untuk membasahi tenggorokan terlebih dahulu. Es kelapa muda juga menjadi salah satu pilihan menu favorit saat berbuka puasa. Selain itu air kelapa muda juga memiliki banyak manfaat seperti salah satu nya adalah sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Saat ini kita bisa menemukan es kelapa muda dengan varian yang bermacam – macam seperti campuran susu, jeruk, alpukat, durian, dan lain sebagainya.

4. Es Rumput Laut

Satu lagi menu alami nan berkhasiat yang disukai sebagai menu berbuka adalah es rumput laut. Rumput laut  memiliki banyak khasiat seperti salah satu nya adalah untuk kesehatan pencernaan pada manusia. Es rumput laut kerap kali ditemukan dengan campuran santan, es buah, es campur, dan lain sebagainya yang tentunya memiliki rasa yang enak dan tidak ada duanya dengan kekenyalan rumput lautnya. Es rumput laut terbuat dari rumput laut yang telah dimasak serta dicampur dengan air sirup atau air susu kental manis. Sajikan dan nikmati es rumput laut selagi dingin agar kesegaran dan rasa rumput laut tidak berubah.

5. Es Teh

Selain es dengan campuran buah dan lainnya, ada juga es teh yang menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Meskipun terlihat sederhana, es teh telah disukai oleh banyak kaum muslim untuk berbuka puasa sedari dulu. Rasanya yang manis menjadikan es teh sebagai paduan terbaik dalam menyantap menu berbuka puasa. Selain rasa yang original, kita juga bisa menemukan es teh dengan rasa lainnya seperti lemon tea, milk tea, dan sebagainya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.