Kuliner Khas Jawa Tengah yang Juga Disukai Oleh Warga Jambi

Minuman khas Jawa Tengah yang terkenal adalah Es Dawet Hitam yang berasal dari Purworejo. Namun ternyata tak hanya di daerah Jawa Tengah saja yang terdapat es dawet hitam ini akan tetapi ketika kamu berkunjung ke daerah Jambi maka kamu akan menemukan minuman khas Jawa Tengah ini di warung mie ayam Pak Darman. Minuman tradisional ini terbuat dari campuran dawet yang ditambahkan sedikit santan dan gula jawa. Untuk rasanya sedikit asin tapi lebih dominan rasa manisnya.

Tekstur dari dawet itu sendiri pun sangat lembut apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin lalu diseruput, menghasilkan rasa yang segar untuk tenggorokan. Es dawet ini bisa kamu jadikan sebagai pilihan yang pas untuk mengusir rasa haus dan lapar. Warna hitam yang terdapat di dawet tersebut dihasilkan dari merang padi sehingga kamu tak perlu khawatir jika menikmati es dawet ini karena bahan yang digunakan pun cukup aman bagi tubuh. Di warung mie ayam Pak Darman, untuk harga semangkuk es dawet hitam  dibanderol sekitar Rp 5.000 saja.  Dengan begitu kamu bisa merasakan segarnya es dawet ini usai menyantap mie ayam atau nasi goreng babat Semarang buatan Pak Darman.

Setiap harinya kamu bisa memesan es dawet Purworejo serta mei ayam tersebut mulai dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam, jadi kamu tak perlu takut akan kehabisan menu tersebut. Lokasi nya pun terletak di Jalan H. Adam Malik, Kota Baru, Jambi atau berjarak sekitar 200 meter dari Taman Remaja. Tapi bagi kamu yang baru pertama kalinya berkunjung ke Jambi maka kamu bisa menggunakan ojek, taxi atau angkutan kota. Rutenya dari terminal rawasari lalu pilih angkutan jurusan Kota Baru. Tak hanya es dawet hitam khas Purworejo saja yang disediakan di tempat ini, namun kamu juga bisa menikmati beraneka ragam mie ayam. Menu yang ditawarkan pun ada mi ayam bakso, mie ayam ceker, dan juga mie ayam ati ampela. Nah, yang suka dengan nasi goreng babat khas Semarang, juga bisa Anda pesan di sini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.