Berbagai Macam Kuliner Khas Gatsu Tengah, Bali

Memang sudah dari dulu Bali menjadi tempat menarik untuk dikunjungi saat musim liburan tiba, untuk melepaskan penat. Selain menjadi destinasi wisata yang kaya tempat menarik, indah, dan juga kental akan budaya setempat. Pulau Bali ternyata juga menjadi surga bagi siapa saja yang tertarik untuk melakukan wisata kuliner. Ketika menyebut wisata kuliner di Bali, maka wisatawan pasti akan langsung menuju kawasan Kuliner Gatsu Tengah.

Kawasan Kuliner Gatsu Tengah memang menjadi titik pusat bertemunya para wisatawan yang ingin memanjakan lidah. Lokasi kuliner yang berada di kawasan Jl. Gatot Subroto Tengah, Denpasar ini memang memiliki banyak stand makanan. Konsep food court yang diusung mampu menyediakan beragam kuliner yang berasal dari Bali maupun Pulau lain di Indonesia. Maka tidak heran jika semua pengunjung ingin menumpahkan rasa laparnya disini. Beberapa jenis menu yang disajikan cukup populer di kalangan wisatawan asing dan lokal.

Kuliner Menarik di Gatsu Tengah

Beberapa kuliner yang banyak dipesan adalah menu Bebek Betutu yang khas dari Pulau Bali serta menu Blayag. Kedua jenis menu khas Pulau Dewata ini memang seolah menjadi primadona bagi siapa saja yang berkunjung kemari. Namun seperti yang diungkapkan sebelumnya, Kuliner Gatsu Tengah memiliki konsep food court. Sehingga ada banyak stall yang menyajikan pilihan menu beragam, sekedar mencicipi Blayag dan Betutu tentu akan kurang terasa puasnya. Mumpung masih ada di kawasan pusat kuliner Bali usahakan untuk mencicipi kuliner menarik lainnya.

Salah satu stall yang wajib disambangi ketika berada di Kuliner Gatsu Tengah ialah stall 5 Benua yang mengusung tema masakan tradisional dari Madura. 5 Benua seolah menjadi oase tersendiri diantara warung makan lain yang menyajikan menu khas Bali. Melalui stall satu ini para pengunjung bisa menikmati semua jenis kuliner khas Madura. Siapa sangka dengan mengunjungi satu Pulau ada banyak kuliner khas pulau lain yang juga bisa dinikmati. Ada banyak jenis menu khas Madura yang bisa ditemukan di stall ini sehingga cocok bagi yang menyukai masakan khas Jawa Timur.

Menu utama di 5 Benua dan sering dipesan oleh pengunjung ialah menu Soto Daging Madura yang dikenal lembut sekaligus gurih. Pihak pengelola 5 Benua menjelaskan bahwa untuk menu soto tersebut sengaja menggunakan daging yang lembut dan berkualitas. Daging yang berkualitas baik kemudian dipadukan dengan kuah kaldu berbumbu kuning yang gurih luar biasa. Lebih uniknya lagi penyajian soto tidak ditempatkan pada mangkok jago seperti kebanyakan warung soto. Melainkan menggunakan batok kelapa sehingga terkesan sekali nilai kuliner tradisionalnya.

Penyajian menu Soto Daging Madura juga akan dilengkapi satu porsi sambal dan irisan jeruk nipis yang menyempurnakan rasa soto tersebut. Menyantapnya lebih nikmat selagi masih hangat sehingga muncul perpaduan gurih, pedas, dan juga asam yang menyatu sempurna. Selain menu tersebut masih ada juga menu Sate Klopo, yang juga banyak dipilih oleh pengunjung. Sesuai dengan namanya, kata Klopo berarti kelapa, menu ini merupakan sajian sate daging berbalut bumbu kelapa.

Daging segar dan empuk dibalut dengan parutan kelapa sehingga memberikan rasa gurih sekaligus manis. Menyantap sate ini akan disajikan bersama seporsi sambal kacang yang merupakan ciri khas sate dari tanah Jawa. Penyajiannya pun terpisah sehingga bisa menentukan seberapa banyak sambal kacang yang ingin disantap. Menikmati kuliner khas Jawa Timur, yakni Madura, menjadi alternatif memanjakan lidah di Pulau Bali.

Share this:

Leave a comment