Memanfaatkan Berlibur ke Kepulauan Seribu dengan KM Sabuk Nusantara 46

Liburan merupakan momen – momen yang paling dinantikan oleh setiap orang apalagi setelah sepekan melakukan  aktivitas di kantor. Nah, untuk kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya mungkin bisa berkunjung ke Kepulauan Seribu sebagai salah satu alternatif untuk mengisi hari berlibur kamu. Disamping tak membutuhkan waktu dan jarak tempuh yang cukup lama, berkunjung ke Kepulauan Seribu pun tak memerlukan banyak biaya. Apalagi saat ini tersedia transportasi laut yang dapat mengantarkan kamu ke Kepulauan Seribu yaitu KM Sabuk Nusantara 46. Cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 15 ribu rupiah saja maka kamu bisa berkunjung ke Kepulauan Seribu. Adanya KM Sabuk Nusantara 46 bertujuan untuk menanggulangi kepadatan wisatawan di Pelabuhan Muara Angke.

Kapal tersebut diluncurkan pertama kali pada bulan Januari tahun 2016 kemarin. Saat pertama kali diluncurkan, kapal ini memiliki jadwal keberangkatan tiap pukul 7 pagi dan berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa dan kembali berlabuh pada pukul 7 malam di Pelabuhan  Sunda Kelapa. Namun menurut Dedy kapal tersebut masih dalam tahap percobaan, operasionalnya pun dari Pelni hanya saja yang mengawasi dari pemerintah.

Rute perjalanan yang dilalui oleh KM Sabuk Nusantara 46 adalah berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa lalu mengelilingi Kepulauan Seribu seperti Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Kelapa setelah itu kembali lagi ke Pelabuhan Sunda Kelapa untuk berlabuh. Waktu tempuhnya pun tidak cukup lama tergantung pulau yang ingin dikunjungi. Untuk tiketnya, kamu bisa membeli nya di loket Pelabuhan Sunda Kelapa atau juga bisa beli ketika sudah diatas kapalnya. Fasilitas yang disediakan pun cukup memadai mulai seperti tersedianya kamar untuk tiduran, toilet, dan kafetaria. Kapasitas muatan KM Sabuk Nusantara 46 bisa mencapai hingga 150 orang.

Namun sayangnya,  KM Sabuk Nusantara 46 ini masih sangat sepi wisatawan. Sepinya wisatawan dikarenakan banyak yang belum tahu mengenai fasilitas – fasilitas yang disediakan oleh KM Sabuk Nusantara dan juga masih banyak wisatawan yang berangkat dari Pelabuhan Muara Angke. Selain masih terbilang baru diluncurkan, jadwal keberangkatan KM Sabuk Nusantara 46 memang masih belum tersosialiasikan dengan baik. Untuk melihat jadwal keberangkatan KM sabuk Nusantara 46 hanya dapat dilihat langsung di Kantor Syahbandar Sunda Kelapa, tak ada keterangan di situs online resmi.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.