Kenaikan Jumlah Wisatawan Malaysia ke Lombok Mencapai Angka Seratus Persen

Diantara pulau Indonesia yang sebenarnya juga satu wilayah dengan negara tetangga adalah Borneo, disini paling tidak kamu bisa menemukan 2 negara sekaligus yaitu Brunei Darussalam dan juga Malaysia, tak heran jika dari segi bahasa maupun rupa masyarakat Indonesia tak jauh berbeda dengan negara tetangga tersebut. 2 negara ini juga memiliki kunjungan wisatawan terbesar dari dalam negeri, mengingat menjadi yang paling dekat sehingga tak perlu keluarkan banyak uang untuk sekedar wisata ke luar negeri.

Sama halnya dengan Indonesia yang juga memiliki angka wisatawan paling banyak salah satunya adalah berasal dari Malaysia, namun dari sekian banyak obyek wisata yang terkenal seperti Bali atau obyek wisata yang paling dekat yang ada di pulau Borneo sendiri nyatanya bukan itu yang dijadikan sebagai tujuan utama dari masyarakat Malaysia sendiri, namun pulau Lombok. Keindahan dari pulau yang satu ini memang bisa menggaet wisatawan dari mana saja, baik itu dalam maupun luar negeri, ia bahkan sebanding dengan Bali, hanya saja masalah cuaca Lombok terbilang lebih panas.

Nah nyatanya Lombok ini juga lebih digemari oleh wisatawan yang berasal dari negara tetangga Malaysia tersebut, hal ini disebutkan secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB yaitu Moh. Fauzal. Belau membeberkan bahwa ternyata angka kunjungan tertinggi yang berasal dari luar negeri di dapatkan dari wisatawan yang berasal dari Malaysia, angkanya bahkan mengalami peningkatan hingga 100 persen jika dibandingkan dengan tahu-tahun sebelumnya, ini tentunya menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi pelaku usaha yang ada di kawasan tersebut.

Hal ini termasuk cukup masuk akal, mengingat jika dibandingkan dengan masyarakat Indonesia, di Malaysia sendiri penduduknya tak bisa menikmati keindahan pantai seperti dalam negeri wilayahnya cukup sempit sehingga bagi yang menggemari travelling terkadang hanya menjelajah dalam negeri saja tak cukup memuaskan keingintahuan mereka. Mungkin juga banyak yang bertanya-tanya, dibandingkan dengan Bali mengapa Lombok menjadi tujuan utama wisata mereka.

Patut untuk diketahui bahwa mayoritas kunjungan wisata ke Bali sendiri di dominasi oleh turis yang berasal dari Australia, Amerika dan Eropa. Sedangkan kebudayaan antara Malaysia sendiri dengan negara tersebut sangat bertolak belakang. Dilihat dari segi religiusitas saja, berbeda dengan kawasan Lombok yang pada dasarnya memang kurang banyak kunjungan dari negara-negara tersebut, adapun hanya beberapa turis asing saja.

Pemerintah sendiri sudah mempersiapkan pembangunan sarana dan prasarana baru untuk dapat menampung wisatawan asing tersebut, bahkan dinilai jumlah peningkatan wisatawan dari Malaysia sendiri ada 500.000, dengan total mencapai 3 juta wisatawan yang bertandang kesana. Sangat memungkinkan jika untuk satu kali liburan saja angka kenaikan mencapai 100 persen, maka tinggal hitung saja kunjungan untuk hari biasa dan weekend. Jika wisatawan dari negara tetangga saja mau berkunjung kesini bagaimana dengan Anda, pastinya juga penasaran menyaksikan tawaran wisata Lombok tersebut.

Perlu diketahui bahwa selain pesona wisata pantainya Lombok juga tawarkan beberapa obyek menarik lain, dengan mengarungi pulau-pulau kecil yang juga dikenal dengan nama Gili di daerah tersebut atau membaur dengan kebudayaan masyarakat setempat. Satu lagi yang paling menarik adalah keberadaan gunung Rinjani. Cocok bagi yang menyukai olahraga ekstrim seperti pendakian, lihat keindahan pemandangan dari puncak gunung terindah se Asia Tenggara ini dan temukan berbagai hal baru selama masa pendakian, tak perlu jauh-jauh memikirkan obyek wisata yang akan dikunjungi karena Indonesia memiliki 1001 hal menarik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.