Keindahan Wisata Watu Amben yang Tak Kalah Indahnya dengan Obyek Wisata Lainnya

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata menarik salah satunya adalah Watu Amben. Watu Amben merupakan sebuah obyek wisata yang berada di Dusun Pandeyan, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Kawasan wisata ini terbilang baru dan berada di area perbukitan seribu yang letaknya tak jauh dari perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Lokasi wisata ini masih membutuhkan pembenahan agar bisa dijadikan sebagai tujuan utama wisata.

Nama Watu Amben sendiri berasal dari kata Watu yang memiliki arti batu dan Amben yang mempunyai arti ranjang. Di kawasan ini para pengunjung akan dimanjakan dengan panorama keindahan yang sangat mempesona. Meskipun terbilang baru, lokasi wisata ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Saat berada di kawasan Batu Amben, Anda akan melihat panorama yang indah seperti bukit yang berwarna hijau, pemukiman warga serta bongkahan batu yang berukuran besar terletak di tepi jurang. Lokasi adanya bongkahan batu besar tersebut menjadi tempat yang sangat disukai oleh para pengunjung, karena mereka dapat melihat keindahan Kota Yogyakarta dan kawasan sekitar dari ketinggian. Memandang jauh hingga sampai ke Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing Horison.

Landscape atau keindahan Kota Yogyakarta bisa Anda nikmati jika cuacanya sedang cerah. Tak hanya pemukiman warga dan bukit yang berwarna hijau saja yang dapat terlihat namun juga pesawat yang menuju Bandara Adisucipto pun nampak jelas terlihat dari lokasi tersebut. Tak perlu khawatir jika perut Anda kelaparan, karena di kawasan sekitar terdapat beberapa warung – warung kecil yang menjajakan aneka macam makanan ringan serta minuman dan juga Anda pun dapat beristirahat disana. Salah satu pemilik warung menuturkan jika Watu Amben akan dikunjungi oleh banyak wisatawan menjelang sore hari karena pemandangannya akan lebih indah terlihat.

Awal mulanya sebelum lokasi ini dikenal oleh banyak orang, Watu Amben sering digunakan oleh pelintas atau petani sekitar. Mungkin jika melewati kawasan tersebut dengan menikmati pemandangan yang sangat indah, rasa lelah bisa cepat hilang. Sendang Widodaren, Makam Sunan Geseng hingga sentra industri emping adalah bagian dari obyek wisata ini. Jika malam tahun baru tiba lokasi ini dipadati oleh para pengunjung, karena dari atas ketinggian mereka dapat menikmati keindahan pesta kembang api yang sedang berlang di Kota Yogyakarta.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.