Keindahan Sumbawa yang Tiada Duanya

Kini Kementrian Pariwisata, Pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan kerjasama dengan harian kompas dengan rangka menggelar kegiatan dan magnet gunung Tambora di pulau Sumbawa. Kegiatan ini bertajuk “Festival Tambora 2016” yang merupakan juga kegiatan lanjutan program Tambora menyapa dunia 2015 digelar untuk memperingati letusan 200 tahun gunung Tambora. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk mempromosikan pariwisata NTB dan juga mendapatkan apresiasi dari presiden Indonesia Joko Widodo. Dalam sambutan puncak kegiatan di Doro Ncanga Presiden Jokowi meminta bahwa kegiatan ini harus tetap dilakukan sebagai agenda tahunan.

Keindahan Nusa Tenggara Barat

Pemprov NTB juga gencar mempromosikan keindahan NTB yang tak kalah indahnya dengan Bali, agar wisatawan yang datang ke NTB semakin bertambah. Pantai dengan laut biru dan pasir putih merupakan magnet utama wisata di NTB. Namun keindahan Bahari tidaklah cukup masih harus ada usaha promosi untuk mendatangkan banyak wisatawan. Dari segi jumlah wisatawan NTB masih kalah jauh dengan Bali, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara misalnya seperti di Bali wisatawan datang sekitar 5 juta pada tahun 2015 dan di NTB hanya 1 juta orang.

Biarpun begitu Pemprov NTB tetap optimis untuk mendongkrak wisatawan dengan hadirnya Festival Pesona Tambora 2016. Dengan adanya festival diharapkan wisatawan yang datang bisa bertambah hingga angka 3 juta untuk tahun 2016 ini. Acara yang diselenggarakan dalam Festival Pesona Tambora 2016 ini meliputi tentang seminar potensi wisata NTB, sport adventure dan kegiatan budaya dan kesenian NTB. Seminar dipusatkan di Matraman Lombok, pada tanggal 28 januari yaitu tentang wisata dari Rinjani ke geopark dunia, dan tanggal 6 februari mengenai wisata bahari. Pada tanggal 17 maret lalu mengenai Lombok wisata halal. Ada juga wisata bagi yang berminat sport adventure yang diadakan pada tanggal 13-16 April dalam kegiatan lari dan bersepeda.

Untuk kegiatan lari Sumbawa dibagi menjadi 2 kategori berdasarkan panjang yaitu 320km dan 100km. Untuk 320 km melewati dari Taliwang dan berakhir di Doro Ncanga dan 100km mulai dari Bima-Doro Ncanga. Untuk kegiatan bersepeda, Festival Tambora 2016 menawarkan Bikecamp, yaitu bersepeda dan berkemah di Pulau Moyo sebagai ikon pulau Sumbawa. Diharapkan peserta baik seminar ataupun peserta adventure sport ini sebagai agen untuk mempromosikan NTB. Karena di tengah kegiatan pasti mereka tidak akan lupa untuk berfoto untuk dijadikan moment dan di upload di sosial media. Diharapkan dengan begini wisatawan semakin bertambah. Belum lagi cerita yang akan di sharing ke teman dan keluarga mereka, yang akan membuat semakin penasaran tentang keindahan NTB.

Pagelaran seni yang dilakukan di Doro Ncanga akan melengkapi serta memeriahkan Festival Pesona Tambora 2016. Pada tanggal 16 April seperti yang dijadwalkan Presiden Jokowi akan hadir dalam acara tersebut. Selain pagelaran seni, acara sosial pun dilakukan dengan menyelenggarakan aksi sosial operasi katarak gratis yang dilakukan oleh Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas. Diharapkan target layanan 800 orang, di kabupaten Dompu, Bima serta kota Bima. Semua kegiatan dalam festival pesona Tambora 2016 ini akan diliput oleh Kompas Tv, radio Sonara dan harian Kompas hingga tanggal 17 April 2016. Perlu diketahui juga Gunung Tambora akan dijadikan Taman Nasional oleh Presiden Jokowi Dodo. Keindahan NTB juga sudah dinikmati oleh artis dan selebritis dunia, bahkan almarhum Putri Diana sebagai the Great Escape. Beliau datang pada bulan Agustus 1993 lalu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.