Mengeksplore Keindahan Pulau Tunda di Teluk Banten

Bosan dengan pilihan destinasi wisata yang sudah terlalu mainstream? Ingin merasakan sensasi berlibur yang berbeda dengan orang kebanyakan? Pulau Tunda Banten bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata untuk mengisi hari libur kamu. Pulau Tunda merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta sangat cocok dijadikan sebagai pilihan untuk mengisi liburan singkat kamu. Pulau Tunda memiliki luas sekitar 300 hektare dan jumlah penduduk nya mencapai 3000 orang pada tahun 2007 lalu.

Di pulau Tunda juga terdapat sebuah desa yang bernama Desa Wargasara. Nama desa tersebut disimpulkan juga sebagai desa yang warganya patuh pada hukum. Desa tersebut terdapat dua dusun yaitu Kampung Barat dan Kampung Timur. Mayoritas pekerjaan masyarakat sekitar adalah sebagai nelayan, bercocok tanam palawija dan ada juga yang sebagai pedagang penghubung. Pulau Tunda sebenarnya menyimpan potensi wisata yang sangat menarik untuk dikaji. Keindahan pantai serta lautnya belum di eksplore lebih jauh. Potensi wisata yang menarik bisa kamu lihat dari Pulau Tunda mulai dari berlayar dengan melihat panorama laut serta lumba – lumba, memancing, snorkeling, diving, melihat sunset dan sunrise. Obyek wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi snorkeling dan diving. Spot diving dan keramahan penduduknya menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Untuk berkunjung ke Pulau Tunda kamu bisa melakukan perjalanan lewat Tol Kebun Jeruk – Merak lalu keluar di pintu Tol Serang Timur. Lalu perjalanan di lanjutkan menuju dermaga kecil bernama Karang Hantu. Dari dermaga tersebut, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Tunda dengan menggunakan perahu kayu atau menggunakan KMP Tunda yang melayani transportasi untuk orang – orang setempat. Jadwal kapal dari Pelabuhan Karang Hantu ke Pulau Tunda sekitar pukul 1 siang, sedangkan jadwal kapal dari Pulau Tunda ke Pelabuhan Karang hantu sekitar jam 7 pagi.

Namun untuk kamu yang ingin ikut open trip menuju Pulau Tunda maka kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp. 300 ribu. Biaya tersebut sudah lengkap mulai dari akomodasi hingga transportasi serta fasilitas nya pun terbilang cukup lengkap. Open trip dua hari ini dimulai dari Jakarta tepatnya di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.
Yuk simak info selengkapnya di sini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.