Pulau Belitung dengan Keindahan Alamnya berupa Pantai Pasir Putih dengan Air Lautnya yang Jernih

Pulau Belitung atau yang sering disebut dengan Negeri Laskar Pelangi adalah pulau indah yang memiliki sejuta pesona alam yang menakjubkan. Keindahan alam Belitung sudah tak diragukan lagi terutama keindahan pantainya yang memiliki ciri khas tersendiri yang sulit ditemukan di tempat lain. Sehingga membuat Belitung menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Pada bulan September tahun 2008 yang lalu, masyarakat Indonesia disuguhkan film layar lebar yang berjudul Laskar Pelangi. Film garapan sutradara Riri Riza ini menceritakan sosok Ikal dan kawan – kawannya yang tergabung dalam grup pertemanan yang diberi nama Laskar Pelangi. Film ini ceritanya diangkat dari novel yang berjudul sama yaitu Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Setiap scene dalam film yang diproduseri oleh Mira Lesmana ini tentu membuat siapapun akan terpana saat menyaksikan kehidupan masyarakat Desa Gantong, Belitung Timur. Apalagi scene di mana Ikal dan kawan – kawannya, Lintang, Mahar, Kucai, bermain di sebuah pantai dengan batuan granit yang menghiasi pesisirnya. Tempat tersebut merupakan Pantai Tanjung Tinggi yang merupakan pantai berpasir putih dengan air berwarna biru yang sangat jernih. Di pantai ini terdapat banyak sekali batu – batu granit besar yang membuat pemandangan menjadi semakin indah dan unik.

Batu – batu granit tersebut membuat kecantikan pantai Tanjung Tinggi semakin terpancar indah. Jumlah batu granit yang ada di pantai Tanjung Tinggi mencapai angka ratusan dengan ukuran yang variatif. Keindahan panorama di Tanjung Tinggi membuat pantai ini menjadi lokasi wisata unggulan di pulau Belitung. Sama halnya dengan Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang pun memiliki keindahan alam berupa pasir putih yang halus, pantai ini memiliki teluk dengan hamparan bebatuan granit di ujung barat sehingga membuat panorama semakin indah.

Di pinggir pantai yang jernih ini terdapat tonggak – tonggak tempat nelayan menambatkan perahu – perahu mereka sebelum melaut. Di depan pantai, terlihat gugusan granit raksasa yang menjadi landmark kawasan ini, yaitu Batu Garude. Dari Tanjung Kelayang, biasanya wisatawan akan menyewa perahu nelayan untuk menuju ke Pulau Lengkuas dan Pulau Burung.

Share this:

Leave a comment