Berbagai Keindahan Alam yang Bisa Disaksikan Selama di Pulau Karimunjawa

Objek wisata Karimun Jawa merupakan pilihan destinasi wisata yang tepat ketika Anda berkunjung ke Jepara. Pulau Karimun Jawa merupakan sebuah Kepulauan yang terdiri atas 27 pulau dan berada di Laut Jawa bagian tengah. Akan tetapi, dari sebanyak 27 pulau sendiri hanya terdapat 5 pulau saja yang berpenghuni. Karimun Jawa berjarak 83 km bagian utara di kota Jepara. Pulau Karimun Jawa ini mempunyai potensi wisata alam bahari menakjubkan. Maka dari itu, sejak tahun 2001 sendiri Kepulauan ini berubah menjadi Taman Nasional Indonesia.

Sekilas Tentang Wisata Karimun Jawa

Karimun Jawa adalah objek wisata berupa Kepulauan dan termasuk kawasan Taman Nasional, tempat wisata ini berada di area Laut Jawa. Kawasan wisata Karimun Jawa ini berada di Kawasan Kabupaten Jepara, di provinsi Jawa Tengah. Objek wisata ini terdiri atas lautan dan daratan, di mana luas perairannya kurang lebih 110.000 ha dengan luas daratan 1.500 ha. Semakin pesatnya perkembangan objek wisata di Karimun Jawa ini tentu tak pernah terlepas dari peranan Pemerintah setempat untuk mengembangkan potensi pariwisata ini. Bahkan hingga saat ini banyak sekali wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara.

Di tempat wisata Kepulauan ini Anda akan dimanjakan pemandangan begitu eksotis dan menawan, termasuk keindahan dari terumbu karang, keindahan dari gugusan pulau membentang lautan Jawa dan pantai yang jernih. Di samping itu, ada pemandangan bukit-bukit dengan pesona yang memikat di sekitar tempat wisata, seperti Bukit Joko Tuo, Bukit Love, dan Bukit Nyamplungan di Karimun Jawa.

Keindahan Pulau-Pulau di Karimun Jawa

Sebagai taman Nasional yang diresmikan para tahun 2001, Karimun Jawa memiliki beberapa pulau yang berpenghuni di antaranya Tanjung Galam, Pulau Menjangan Kecil, Menjangan Besar, dan Cemara Kecil. Adapun penjelasan mengenai pulau-pulau tersebut di antaranya :

Pulau Tanjung Galam

pulau-tanjung-gelam

Pulau ini termasuk pulau yang begitu indah yang dihiasi oleh hamparan pasir yang putih dengan air laut dengan warna hijau kebiruan yang begitu memesona. Anda bisa menikmati keindahan dan keeksotisan pulau yang satu ini ketika berkunjung ke tempat wisata Karimun Jawa.

Pulau Menjangan Kecil

Pulau-menjangan-kecil

Pulau yang satu ini juga sangat layak untuk dikunjungi dikarenakan pada perairan yang ada di sekitar pulau tersebut ada banyak sekali ikan-ikan yang kecil dengan warna-warni menawan nan cantik. Menjangan Kecil mempunyai pantai dengan dasar laut menakjubkan yang airnya begitu jernih untuk dinikmati. Pulau Menjangan Kecil ini begitu cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta ketika berwisata ke Karimun Jawa. Pulau Menjangan Kecil ideal bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat keanekaragaman bawah laut yang eksotis.

Pulau Menjangan Besar

menjangan-besar-karimunjawa

Pulau yang terdapat di Karimun Jawaberikutnya adalah Pulau Menjangan Besar. Pulau yang satu ini juga terdapat tempat penangkaran dari ikan hiu. Dengan mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Anda pun bisa menguji keberanian untuk masuk menuju kolam penangkaran serta berenang dengan aneka macam ikan hiu. Anda pun tak perlu khawatir, sebab ikan hiu yang terdapat di pulau Menjangan Besar ini begitu bersahabat dan jinak dengan manusia.

Pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Kecil

 

Pulau-Cemara-Kecil

Nah, kedua pulau yang ada di kawasan wisata pulau Karimun Jawa ini ada banyak sekali pohon cemara, sebagai dasar pemberian nama dari kedua pulau yang satu ini. Adapun hal unik yang lainnya yaitu dengan terdapatnya daratan pantai yang disertai dengan pasir putih menjorok ke arah laut. Kedua pulau ini juga cocok dikunjungi ketika di tempat wisata Karimun Jawa.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.