Keindahan Alam Pantai di Kota Jogja yang Patut Diacungi Jempol

Sebagai kawasan daerah yang berdekatan dengan perairan, Kota Yogyakarta memiliki banyak sekali lokasi wisata Pantai yang sangat menarik dan masih sangat alami. Mungkin bagi sebagian orang mengira jika di Jogja hanya terdapat beberapa wisata pantai seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Baron saja, namun ternyata tidak. Ada hampir sekitar 22 pantai yang berada di daerah ini yang keindahan alamnya patut dicoba oleh para pengunjung yang datang. Berikut ada beberapa pantai yang terdapat di Jogja yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pantai – pantai di Bali. Diantaranya adalah:

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu obyek wisata Pantai Jogja yang sudah sangat terkenal. Pantai yang satu ini berada di deretan Pantai Gunungkidul sehingga memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Para wisatawan yang berkunjung kesini akan ditawarkan dengan keindahan hamparan pasir putih yang sangat halus dan birunya air laut, sehingga kawasan pantai ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengambil gambar.

Disana terdapat spot yang sangat menarik untuk berfoto yaitu dibawah sebuah pohon yang rindang. Hanya terdapat satu pohon saja di kawasan pantai ini dan pohon tersebut merupakan icon dari Pantai Pok Tunggal. Pohon besar ini diberi nama Pohon Duras, memiliki penampakan seperti pohon – pohon tinggi yang terdapat di daerah Afrika. Selain keindahan yang ditampakkan dari Pohon Duras, keindahan lainnya dapat dilihat dari Gunung Kapur yang berada di sekitar Pantai Pok Tunggal.

Pantai Drini

Pantai Drini adalah sebuah pantai yang memiliki karakter ganda, karena di tengah pantai tersebut terdapat sebuah pulau karang yang besar sehingga membuat pantai yang satu ini terpisah menjadi 2 bagian. Dua bagian tersebut memiliki suasana yang sangat berbeda karena salah satu sisinya berbatasan langsung dengan laut lepas sehingga deburan ombak nya terlihat lebih ganas. Sisi yang satunya lagi berhadapan langsung dengan daratan sehingga deburan ombak yang dirasakan lebih tenang dibandingkan dengan sisi yang satunya. Di pantai ini terdapat akses jalur untuk berkunjung ke pulau karang sehingga kamu bisa menjelajahi pulau ini.

Pantai Sadranan

Nah, untuk kamu yang menyukai kegiatan diving, pantai yang satu ini dirasa sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi wisata bawah air. Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai yang terletak di sepanjang Pantai Gunungkidul. Di kawasan pantai ini, kamu bisa menjumpai pantai yang memiliki kedalaman yang cukup dangkal dan memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah.

Apabila kamu ingin berkunjung ke Pantai Sadranan maka kamu harus melewati Pantai Krakal terlebih dulu. Sebelum melakukan perjalanan ke pantai tersebut, kamu harus bisa memastikan dulu waktu yang tepat ketika berangkat agar sampai di pantai tersebut pada pagi hari atau di sore hari. Karena jika kamu datang di pagi hari atau sore hari maka kamu bisa menikmati keindahan alam yang terdapat di pantai tersebut. Namun jika kamu datang pada siang hari, maka kamu tidak bisa melakukan diving untuk menikmati keindahan bawah laut namun masih tetap bisa menikmati keindahan Pantai Sadranan.

Untuk kamu yang ingin melakukan diving diharapkan menggunakan pelindung kaki agar tidak lecet – lecet akibat goresan terumbu karang. Selain itu juga usahakan untuk tidak menyentuh atau menginjak terumbu karang karena hal tersebut bisa merusak terumbu karang yang merupakan inti dari wisata Pantai Sadranan ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.