Kedung Darmo, Menjadi Surga Tersembunyi di Kota Malang

Menjamurnya obyek wisata buatan di Kota Malang  tak mengurangi pesona wisata alam yang ada di Kota Malang. Saat ini banyak sekali wisata – wisata alam yang bermunculan di Kota Malang. Salah satu destinasi wisata alam yang belum pernah terjamah oleh wisatawan adalah Kedung Darmo. Kedung Darmo bagaikan surga tersembunyi di Kota Malang yang memiliki pesona keindahan yang sangat mempesona. Kedung Darmo merupakan sebuah aliran sungai yang memiliki beberapa tingkatan air terjun. Lokasi nya berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Kedung Darmo atau Kolam Berlian Tosca memiliki keindahan yang sungguh eksotis, nampak seperti air terjun namun ketinggiannya tidak seperti air terjun pada umumnya. Di aliran sungainya terdapat beberapa titik sumber, sehingga air pun melimpah seolah tak pernah habis meskipun musim kemarau tiba. Di setiap air terjun memiliki kolam atau kedung yang cukup dalam dan terdapat lumut sehingga membuat dasar kedungnya menjadi warna hijau toska. Di area sekitar kedung terdapat pepohonan sehingga membuat suasana yang sangat asri di sekeliling sungai. Dalam bahasa Jawa, kedung memiliki arti kolam dengan kedalaman air yang sangat dalam dan nama Kedung Darmo sendiri diambil dari nama salah satu seorang penduduk yang mempunyai sawah.

Perjalanan menuju Kedung Darmo terbilang masih cukup sulit karena lokasi tersebut bukan tempat wisata biasa. Harus melewati bukit dan perkampungan warga, namun ketika kamu melewati bukit maka kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis dan dapat memanjakan mata kamu. Medan yang harus ditempuh tergolong sangat sulit, karena hanya terdapat jalan setapak yang biasanya digunakan warga setempat untuk mencari rumput atau ke sungai.

Pertama, kamu akan melewati ladang warga, lalu menuruni jurang yang lumayan terjal. Di jalan tersebut juga terdapat rerumputan liar yang harus diwaspadai, karena di bawah ada jurang yang lumayan terjal menanti. Namun sesampainya di lokasi maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Kedung Darmo yang sangat mempesona. Karena keberadaannya masih tersembunyi dan jarang diketahui oleh wisatawan, Kedung Darmo ini masih sangat sepi pengunjung.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.