Kebun Raya Cibodas, Lokasi Wisata di Kaki Gunung Gede Pangrango

Berlibur ke Kota Bogor tak melulu harus ke puncak untuk menikmati keindahan alamnya, selain puncak ada juga lokasi wisata yang wajib  banget untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Bogor yaitu Kebun Raya Cibodas. Tentunya sudah tak asing lagi dengan lokasi wisata yang satu ini, bukan? Kebun Raya Cibodas merupakan taman yang hijau dengan luas kurang lebih 80 hektar. Taman ini merupakan lapangan yang bergelombang dan berbukit – bukit. Kebun Raya Cibodas atau lebih dikenal dengan Cibodas Botanical Garden letaknya di kawasan Hutan Gunung Gede Pangrango, tepatnya di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Berada di ketinggian 1.275 mdpl membuat lokasi ini masih sangat sejuk dan asri.

Selain menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dan udara yang segar, di Kebun Raya Cibodas juga mempunyai koleksi pohon tua dan muda yang banyak variannya. Kebun Raya Cibodas sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata bersama keluarga. Berwisata dengan membawa serta keluarga dan anak – anak ke kebun raya ini akan menjadi sangat berkesan. Untuk biaya tiket masuk nya pun cukup terjangkau yaitu kamu cukup membayar Rp. 9.000 saja maka kamu sudah bisa bermain sepuasnya. Layaknya kebun pada umumnya yang jarang ditemukan kursi dan meja, di kebun raya ini pun sama.

Jika ingin duduk – duduk santai maka kamu bisa membawa atau menyewa tikar yang disewakan oleh warga setempat. Untuk harga sewa sebuah tikar berukuran 2 x 2 meter yaitu Rp. 5.000 per jam nya. Biasanya tikar yang disewakan kepada pengunjung berwarna biru. Menggelar tikar untuk duduk santai bersama keluarga bisa kamu lakukan dimana saja di setiap sudut kebun raya ini. Namun yang menjadi spot favorit untuk berkumpul bersama keluarga adalah Lapangan tengah Kafe Kebun Raya Cibodas di dekat taman paku – pakuan.

Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di lapangan ini misalnya kamu bisa berkeliling melihat sejumlah tanaman langka seperti Taman Lumut, Taman Sakura, Bunga Bangkai, Kantung Semar, dan lain sebagainya. Selain itu juga kamu bisa berkunjung ke Curug Cismun yang tidak jauh dari Kebun Raya Cibodas yaitu hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan kaki saja. Di taman – taman tersebut bisa kamu temukan Jalan Air yang dimana terdapat sungai yang mengalir yang sengaja dibuat melintasi jalan. Jika melewati jalan tersebut baik pejalan kaki atau kendaraan yang melintas akan basah terkena air tersebut.  Air yang tumpah ke jalan ini langsung menjadi air terjun ke sungai di bawahnya.

Tempat tersebut manjadi salah satu spot favorit keluarga. Sungai yang tidak dalam menjadi tempat asyik untuk anak-anak bermain air. Di bantaran sungai ini, ada juga koleksai tanaman sakura yang diambil dari pegunungan Himalaya. Tanaman-tanaman sakura ini berbunga biasanya dua kali dalam setahun yaitu antara bulan Januari – Februari atau Agustus-September. Di KRC, taman sakura tampaknya tidak berada di satu kompleks. Namun ditanam di beberapa titik. Bunganya sendiri lebih kecil dibanding bunga dari pohon yang tumbuh di negara asalnya

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.