Pantai Delegan, Surga Wisata Tersembunyi di Kota Gresik

Gresik merupakan sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur. Gresik juga dikenal sebagai kota tempat berdirinya pabrik semen pertama perusahaan semen terbesar di Indonesia yaitu Semen Gresik. Selain itu juga Gresik memiliki lokasi wisata yang tak kalah menariknya dari obyek wisata lainnya. Nah, jika kamu ingin berlibur maka tak ada salahnya memilih Gresik sebagai salah satu lokasi liburan kamu kali ini. Dijamin tidak akan kecewa apalagi jika berlibur bersama keluarga dan sanak saudara, pasti akan lebih seru dan mengasyikkan. Dari sekian banyak lokasi wisata yang terkenal di Gresik, Pantai Delegan merupakan salah satu pantai yang wajib untuk kamu kunjungi. Lokasinya berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng atau sekitar 40 Km dari pusat Kota Gresik.

Untuk menuju ke lokasi pantai ini maka kamu bisa menggunakan Jalur Utara yang merupakan jalur menuju Wisata Bahari Lamongan (WBL) karena Pantai Delegan berada di sebelah timur WBL. Sesampainya di lokasi maka kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam berupa hamparan pasir putih yang cukup luas, dan ombak yang tenang. Tentunya kondisi ombak yang tenang cukup aman digunakan untuk berenang maupun bersantai. Namun jika ada pengunjung yang tidak bisa berenang maka bisa menyewa ban agar tetap bisa main di laut. Untuk harga sewa ban pun terbilang cukup terjangkau yaitu Rp. 5.000 sepuasnya. Di Pantai Delegan juga sering diadakan lomba perahu dan memancing saat memperingati Hari Kemerdekaan. Fasilitas yang disediakan di pantai ini relatif masih sederhana dan umumnya dikelola oleh warga setempat.

Nah, untuk yang tidak berenang masih bisa melakukan berbagai kegiatan di area pinggir pantai sambil duduk – duduk santai atau bermain pasir sambil menikmati keindahan alam sekitar. Saat menjelang sore, para pengunjung bisa melihat indahnya matahari terbenam. Saat hari libur tiba, Pantai Delegan ini selalu ramai oleh pengunjung. namun jika hari – hari biasa pantai ini sepi pengunjung hanya beberapa orang saja yang datang. Lokasi wisata Pantai Delegan dibuka sejak tahun 2003 silam. Setiap hari, bukanya mulai pagi hingga sore pukul 17.00 WIB. Meski lokasinya cukup jauh dari pusat kota, tidak perlu khawatir, karena akses jalan cukup bagus dan di sepanjang jalan sudah terdapat rambu penunjuk arah menuju Pantai Delegan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.