Empat Destinasi Wisata Alam di Cianjur yang Bisa Dijadikan Sebagai Lokasi Tujuan Untuk Berakhir Pekan

Mau jalan – jalan ke Cianjur, Jawa Barat? Saat ini Cianjur menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Barat oleh masyarakat sekitarnya. Cianjur sendiri merupakan daerah pegunungan sehingga kota ini cukup sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede merupakan destinasi wisata yang sudah cukup terkenal di Cianjur yang tak boleh untuk dilewatkan. Namun tahukah kamu, tak hanya kedua destinasi wisata tersebut saja yang bisa kamu kunjungi jika ingin berlibur ke Cianjur. Ternyata ada beberapa obyek wisata yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi hari libur kamu di akhir pekan. Nah, berikut ada beberapa destinasi wisata di Cianjur yang sayang sekali untuk dilewatkan.

1. Taman Bunga Nusantara

Mendengar Taman Bunga Nusantara tentunya sudah tidak terlalu asing di telinga kamu. Lokasinya berada di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Jika kamu datang dari Kota Jakarta cukup membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai ke tempat tersebut. Beragam bentuk dan corak bunga dari berbagai negara bisa kamu temukan di tempat wisata yang indah tersebut. Terlihat dari kejauhan, kawasan tersebut sangat indah. Untuk masuk ke Taman Bunga Nusantara kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 40 ribu per orang nya. Harga tersebut sudah termasuk dengan menggunakan Garden Tram yang akan mengajak kamu keliling area Taman Bunga Nusantara tanpa berjalan kaki.

Berbagai fasilitas yang nyaman pun disediakan di sekitar area Taman Bunga Nusantara seperti lahan parkir yang luas, toilet, kantin, dan beberapa taman yang bisa kamu kunjungi. Taman – teman tersebut terdiri dari Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Rahasia / Labirin, Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Gaya Jepang, dan masih banyak lagi area – area yang bisa kamu kunjungi. Untuk kamu yang membawa anak bisa mengunjungi wahana bermain anak berupa alam imajinasi yang dilengkapi dengan kereta, kincir, super go cart, atv, dan kamu juga bisa mencoba naik kuda. Setelah lelah mengelilingi taman, kamu bisa mampir di Café dan gerai makanan yang tersedia di area sekitar taman. Taman Bunga Nusantara dibuka mulai jam 08.00 sd 17.00. Tapi tidak ada salahnya jika kamu menghindari weekend ya.

2. Little Venice di Kota Bunga

Selain Puncak, ada satu tempat wisata lagi yang terbilang cukup unik dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan yaitu Little Venice yang terletak di Kota Bunga. Kota Bunga merupakan kawasan villa estate yang dibangun di lahan seluas sekitar 125 Ha. Berbeda dengan obyek wisata lainnya, tempat wisata yang satu ini mengusung konsep yang cukup unik yaitu menawarkan sebuah tempat dengan suasana dan pemandangan mirip di luar negeri yaitu di Kota Venesia, Italia. Maka dari itu, karena uniknya tempat wisata ini diberi nama dengan Little Venice atau miniatur Kota Venice. Untuk menuju ke tempat wisata ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Jakarta hingga ke Cipanas, sesampainya di Cipanas kamu bisa langsung berkunjung ke Kota Bunga.

Tiket masuk ke Little Venice ini terbilang cukup murah yaitu sebesar Rp. 15 ribu per orangnya. Disana terdapat berbagai wahana yang bisa kamu gunakan seperti Gondola, Kapal Mississipi, Perahu Bebek, Sepeda Air, dan berbagai wahana lainnya. Dari wahana – wahana tersebut, kamu bisa memilih salah satunya untuk menemani kamu berkeliling di sekitaran danau. Little Venice hanya buka saat hari libur dan weekend saja.

3. Canopy Trail Cibodas

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki potensi bentang alam yang sangat menarik, baik berupa hamparan savanna Suryakencana. Kawah Gunung Gede maupun Puncak Pangrango. Selain itu, ada juga potensi wisata alam yang kini dibuka untuk umum yaitu Canopy Trail Cibodas. Untuk kamu yang datang dari Kota Jakarta, cukup menempuh perjalanan selama 2 jam saja. Canopy Trail merupakan sebuah jembatan gantung yang membentang sepanjang 130 meter dengan tiang penyangga berupa 4 pohon rasamala. Untuk memasuki kawasan tersebut, kamu cukup membayar Rp. 40 ribu saja per orangnya dan disana juga kamu wajib menggunakan guide.

4. Arung Jeram di Sungai Cikundul.

Meskipun Cianjur memiliki suhu udara yang agak dingin, bukan berarti kamu tidak boleh bermain basah – basahan. Jika ingin bermain basah – basahan kamu bisa berkunjung ke Wisata Arung Jeram di Sungai Cikundul Cianjur. Sayang sekali jika harus melewatkan lokasi wisata yang satu ini. Arung Jeram di Sungai Cikundul menawarkan sensasi yang menegangkan sejauh 9 km. Harga per paketnya mulai dari Rp. 250 ribu hingga Rp. 650 ribu dengan berbagai fasilitas yang menarik. Jika kamu sudah selesai main arung jeram namun masih ingin menikmati kesejukan Kota Cianjur, kamu tidak perlu bingng akan dikemanakan langkah kaki, tinggal susuri saja sepanjang jalur sungai Cikundul karena masih banyak wisata tersembunyi yang dapat kamu coba seperti wisata Waduk Cirata, atau Danau Jangari.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.