Kawasan Wisata Mandeh Menawarkan Beragam Kegiatan Wisata khas Air Laut yang Menggiurkan Untuk Dicoba

Mandeh merupakan salah satu daerah yang masuk ke dalam administrasi Kabupaten Pesisir Selatan yang menyimpan beragam potensi wisata. Kepulauan kecil yang berada di dalam kawasan Mandeh menawarkan beragam kegiatan wisata khas air laut yang menggiurkan untuk dicoba. Potensi wisata yang dimiliki ternyata semakin banyak orang yang mengetahuinya dan menjadikannya destinasi favorit wisatawan. Pengembangan daerah wisata di Mandeh pun dilakukan secara maksimal dan bertahap supaya memfasilitasi kunjungan para wisatawan.

Potensi Wisata Khas Mandeh

Mandeh memiliki beragam pulau kecil yang tersebar di sekitar daerah tersebut, kabar baiknya masing – masing menawarkan potensi wisata berbeda. Maka menjadi sebuah sebutan yang tidak berlebihan jika mengatakan Mandeh merupakan destinasi wisata laut yang komplit. Berkunjung kemari Kita bisa singgah ke Pulau Sironjong Kecil dan Sironjong Besar yang terkenal sebagai spot cliff jump. Kemudian masih bisa mampir ke Pulau Cubadak yang terkenal sebagai spot diving sekaligus resort terbaik tingkat internasional.

Masih belum puas dan tertarik datang ke Mandeh? Maka coba sensasi yang diberikan oleh Pulau Setan yang cocok menjadi lokasi berkemah. Berkemah di tengah hutan sepertinya sudah terlalu biasa, maka disini berkemah dilakukan di tengah laut. Pulau Setan merupakan salah satu pulau kecil di kawasan Mandeh yang sering dijadikan lokasi berkemah oleh para wisatawan. Menikmati sensasi berkemah diantara deburan ombak dengan pemandangan laut lepas yang tidak berujung menjadi sebuah momentum yang unik dan tak terlupakan.

Bagaimana Menuju ke Wisata Maritim Mandeh?

Wisata Maritim Mandeh biasanya akan diserbu wisatawan ketika bertepatan dengan Festival Langkisau sehingga bisa menikmati liburan panjang ke banyak tempat menarik. Tempat wisata ini sendiri berada di Kecamatan Koto XI Tarusan yang juga merupakan lokasi pengrajin batik khas Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Utara. Apabila dikunjungi dari kota Padang maka perlu menempuh perjalanan berjarak 56 kilometer dengan transportasi darat. Wisatawan dari luar Pulau Sumatra dianjurkan untuk menggunakan penerbangan menuju Bandara Internasional Minangkabau di Kota Padang, Sumatra Barat.

Perjalanan dari Padang bisa menggunakan mobil sewaan yang didapatkan dengan biaya sekitar Rp 300 ribuan. Biaya tersebut pada umumnya sudah termasuk sewa pengemudi namun tidak termasuk bahan bakar. Jika ditotal setidaknya tidak sampai Rp 500 ribu sudah mengantarkan Kita ke Wisata Maritim Mandeh yang penuh pesona. Cara praktis lain dan lebih murah ialah memakai jasa taksi cargo plat hitam yang disediakan pihak bandara menuju Mandeh. Biaya memakai taksi ini hanya Rp 100 ribu saja, namun maksimal hanya untuk tiga atau empat penumpang.

Bagi yang tertarik menuju ke Mandeh melalui jalur laut bisa menggunakan jasa sewa kapal cepat yakni Kapal Bintang Mandeh. Kapal ini bisa ditemukan di Pelabuhan Teluk Bayur dengan biaya perjalanan sekitar Rp 300 ribu hingga sampai ke Pantai Carocok Painan. Masing – masing jalur baik darat maupun laut memberikan kelebihan tersendiri sehingga tetap bisa menikmati perjalanan. Terutama bagi pengguna jalur darat yang bisa beristirahat sebentar di bukit Puncak Panorama Satu Mandeh.

Menuju Pulau – Pulau Wisata Mandeh

Sesampainya di kawasan Mandeh, tepatnya di Pelabuhan Carocok maka bisa memilih kapal sewaan menuju salah satu pulau wisata maritim di Mandeh. Secara umum sewa kapal menuju ke beberapa pulau di sekitar Mandeh membutuhkan biaya sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 650 ribu per harinya. Keuntungannya selama sehari penuh bisa berkunjung ke lebih dari satu pulau sehingga puas menjelajahi kawasan wisata Mandeh.

Share this:

Leave a comment