Kawasan Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang

Batu Kuda Manglayang merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di lereng Gunung Manglayang di daerah Bandung Timur tepatnya di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi. Tak banyak wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata yang satu ini dikarenakan kawasan ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Obyek wisata tersebut merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang memiliki luas sekitar 20 Ha dan dikelola oleh Perhutani Unit III Jawa Barat di ketinggian 1150 – 1300 mdpl. Para pendaki serta wisatawan yang ingin berkemah sangat menyukai lokasi ini karena banyak dipenuhi hutan pinus dan memiliki suasana yang sangat sejuk. 

Setiap hari Sabtu dan Minggu, lokasi ini selalu ramai oleh wisatawan yang berkunjung untuk melakukan perkemahan. Namun ada juga wisatawan yang datang hanya di hari Minggu saja hanya sekedar untuk menikmati udara sejuk pegunungan. Jalan yang dilalui untuk dapat mencapai ke lokasi tersebut cukup licin dan terjal apalagi lebar jalannya juga hanya setapak. Maka dari itu harus berhati – hati ketika melewati jalan tersebut karena selain licin dan terjal, jalan tersebut cukup menanjak. Sebelum melakukan perjalanan harus menyiapkan stamina yang cukup agar ketika sampai di puncak memiliki stamina yang oke.

Meskipun minimnya petunjuk di sepanjang jalur setapak ini, namun para pengunjung diharapkan tak perlu khawatir tersesat karena lokasi tersebut masih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mencari kayu bakar. Jadi jangan terkejut jika Anda akan menemukan orang – orang yang membawa karung besar, karena mereka warga lokal yang sedang mencari kayu bakar sebagai pengganti bahan bakar minyak serta gas yang digunakan untuk memasak. Pihak pengelola juga menyediakan tenda dengan beberapa ukuran dan alat outbond lainnya yang bisa disewa oleh para wisatawan yang ingin melakukan perkemahan di lokasi tersebut. Fasilitas pendukung lainnya adalah MCK yang bisa digunakan oleh pengunjung yang sedang melakukan perkemahan. Jika lapar tak perlu khawatir, karena disana juga terdapat beberapa warung yang menjajakan aneka makanan mulai dari mie rebus, kopi, teh,  hingga bakwan hangat.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke obyek Wisata Batu Kuda ini, akses tempuhnya pun cukup mudah untuk dijangkau yaitu dari pintu tol Cileunyi lalu mengikuti petunjuk jalan menuju arah Cibiru, jika Anda datang dari arah Jakarta. Jangan sampai terlewat karena lokasi wisata ini memang belum banyak dikenal dan dikelola dengan baik hingga petunjuk jalan pun sangat minim. Disarankan lebih baik bertanya kepada tukang ojeg yang cukup banyak mangkal di kanan kiri jalan sepanjang Jalan Raya Cileunyi. Begitu juga yang keluar dari Pintu tol Pasteur dan Buah Batu, langsung saja ke arah Ujung Berung – Cileunyi. Untuk Anda yang menuju lokasi ini membawa kenndaraan pribadi roda empat diharuskan berhati – hati, mengingat akses jalan menuju lokasi tersebut cukup menanjak dan tak terlalu lebar. Tarif yang dibanderol cukup terjangkau yaitu Rp. 5000 untuk dewasa maupun anak – anak. Tarif tersebut belum termasuk tarif parkir mobil atau motor.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.