Pantai Ngrumput Salah Satu Lokasi Berkemah Favorit di Gunungkidul

Siapa sangka, Gunungkidul yang identik dengan bukit kapur yang tandus menyimpan spot wisata yang menarik perhatian wisatawan. Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan wisata pantai yang mempesona. Gunung Kidul di Yogyakarta seakan menjadi surga bagi para pecinta pantai. Ada banyak objek wisata pantai di Gunung Kidul berjejer dari ujung barat sampai ujung timur. Meskipun Kabupaten Gunungkidul di dominasi oleh perbukitan dan pegunungan kapur yang identik dengan gersang di musim kemarau, kabupaten ini mempunyai ciri khas yang unik, baik dari sejarah, budaya, pariwisata dan kuliner.

pantai-pok-tunggal-sumber-jogjakini-wordpress-comDi kawasan Gunungkidul terdapat banyak sekali pantai – pantai yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Gunungkidul memiliki deretan pantai pasir putih yang cantik. Setiap pantainya memiliki ciri khas dan keunikannya masing – masing sehingga wisatawan yang berkunjung ke kawasan Gunungkidul tak akan bosan dengan obyek wisata pantainya. Nah, untuk kamu yang ingin menikmati pantai di kawasan Gunungkidul dengan cara yang berbeda maka tak ada salahnya untuk berkemah di sebuah pantai di Gunungkidul yaitu Pantai Ngrumput. Pantai Ngrumput merupakan sebuah pantai yang lokasinya terletak di Desa Banjarjo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul.

jungwok-kempingPantai ini menjadi salah satu lokasi berkemah favorit untuk mereka yang ingin menghabiskan waktu malamnya di tepi pantai. Awal mulanya Pantai Ngrumput ini sangat sepi pengunjung sehingga menjadi alasan pantai ini untuk menjadi lokasi untuk berkemah. Namun sejak tahun 2015 yang lalu, wisatawan mulai banyak berkunjung ke pantai ini meskipun tak seramai pantai – pantai lainnya yang berada di kawasan Gunungkidul. Akses menuju pantai tersebut pun terbilang cukup sulit sehingga hal tersebut menjadi salah satu alasan pantai ini tidak terlalu ramai dan sangat cocok untuk berkemah. Untuk sampai ke area pantai maka kamu  perlu berjalan sejauh 400 meter lebih dahulu dari lokasi parkir kendaraan. Jalan yang harus dilalui pun masih berupa jalanan setapak berbatu yang apabila hujan turun cukup licin. Meskipun kamu harus melewati jalanan yang cukup sulit, sesampainya di lokasi pengorbanan kamu akan terbayarkan dengan keindahan Pantai Ngrumput.

Walaupun namanya Pantai Ngrumput, namun disana tidak terdapat banyak rumput seperti namanya. Melainkan disana banyak bebatuan yang tersebar dan keunikan tersendiri dari pantai ini adalah adanya sebuah bukit karang bolong yang sesekali ombak menerobos karang bolong tersebut. Pantai Ngrumput ini memiliki view pemandangan yang cukup bagus apalagi jika mengambil foto dari atas bukit. Walaupun pantai ini belum dikenal banyak orang, menjadikan pantai ini masih asri dan sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Fasilitas yang ada di Pantai Ngrumput ini terbilang belum cukup memadai karena belum dikelola oleh pemerintah setempat. Di pantai ini merupakan spot terbaik untuk melihat cahaya kuning eksotis yang sangat diburu wisatawan. Sehingga banyak wisatawan yang mendirikan tenda di pantai ini untuk menikmati Pantai Ngrumput dan berburu keindahan sunrise maupun sunset di Pantai Ngrumput, Wonosari, Guning Kidul, Yogyakarta.

8d-casa-vintage-via-thetravels_-1Setiap pengunjung yang ingin berkemah di pantai Ngrumput cukup membayar Rp.15 ribu per tenda. Biaya tersebut digunakan penduduk sekitar untuk memelihara kebersihan pantai. Setiap pengunjung yang kemah akan disediakan tempat sampah besar dari tong yang juga bisa digunakan untuk membuat api unggun.  Berkemah di pantai ini ada tidak perlu khawatir dengan masalah sanitasi, karena terdapat sembilan warung yang sekaligus menyediakan kamar mandi dan toilet. Aneka makanan dan minuman juga dapat pengunjung dapatkan di warung – warung tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi jika berkemah di pantai Ngrumput, tidak usah khawatir kehabisan bekal.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.