Kawah Ijen Memiliki Pesona Keindahan Alam yang Mempesona

Jawa Timur memang terkenal dengan obyek wisata alamnya yang sangat mempesona, seperti salah satunya yaitu Kawah Ijen yang menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur. Destinasi wisata Kawah Ijen merupakan  sebuah obyek wisata berupa kawah yang letaknya berada di puncak Gunung Ijen dengan lokasi ketinggian mencapai 2.443 mdpl. Kawah ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dan menjadi danau air terasam di dunia. Kawah Ijen juga termasuk salah satu gunung berapi di Indonesia yang menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi tersebut.

Selain menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa, dari Kawah Ijen pun wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan gunung lainnya yang berada dalam satu kompleks dengan Pegunungan Ijen seperti Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan Gunung Merapi yang letaknya berada di sebelah timur Kawah Ijen. Dari segi panorama alam, Kawah Ijen memiliki pesona alam yang sangat indah. Di pagi hari, kamu akan melihat keindahan sunrise yang sangat menakjuban. Selain itu, sinar matahari yang menyinari kawah akan dipantulkan sehingga membentuk warna kemilau hijau toska dari permukaannya. Namun kamu juga harus hati – hati, memang kawah ini kelihatannya sangat tenang akan tetapi kawah tersebut berbahaya.

Di bagian sisi Kawah Ijen terdapat lapangan solfatara yang selalu melepaskan gas vulkanik dengan konsentrasi sulfur yang cukup tinggi sehingga tak jarang dapat menimbulkan bau yang sangat menyengat. Sedangkan di bagian barat terdapat bendungan air yang merupakan hulu dari Kali (Sungai) Banyupait. Bendungan yang ada di dekat Kawah Ijen merupakan bangunan beton yang dibangun sejak masa pemerintahan Belanda. Dahulu bendungan ini berfungsi untuk mengatur level air danau agar tidak terjadi banjir asam. Namun sekarang sudah tidak berfungsi lagi, karena air tidak pernah mencapai pintu bendungan, sehingga mengakibatkan terjadinya rembesan air danau di bawah bendungan.

Salah satu yang menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri dari Kawah Ijen adalah fenomena ” Blue Fire ” atau ” Api Biru ” yang akan muncul pada dini hari sekitar pukul 02.00 hingga pukul 04.00 WIB. Fenomena alam ini menjadi daya tarik tersendiri karena pemandangan alami yang  khas ini hanya ada 2 di dunia yaitu di Selandia Baru dan di Kawah Ijen, Indonesia. Kawah Ijen lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Wisata ini masuk ke dalam wisata Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Banyuwangi.

Jika kamu ingin berkunjung ke Kawah Ijen maka ada beberapa yang harus kamu persiapkan yaitu masker gas yang berfungsi melindungi pernafasan kamu agar tidak menghirup asap belerang yang beracun. Selain akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang mempesona, disana juga kamu akan menjumpai banyak para penambang belerang dari penduduk desa sekitar gunung, yang dipekerjakan oleh perusahaan tambang China. Mereka tidak keberatan untuk bekerja seperti itu karena mereka memperoleh uang untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dari pekerjaannya tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.