Selain Puncak Bogor, Kawah Ratu Juga Bisa Dijadikan Sebagai Destinasi Wisata Saat Akhir Pekan Tiba

Bogor merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, berbagai destinasi wisata yang ditawarkan seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya hingga wisata belanja dapat kamu temui di kota yang satu ini. Tak heran jika banyak wisatawan memilih kota Bogor sebagai salah satu destinasi wisata saat akhir pekan tiba. Salah satu obyek wisata alam nya yang patut kamu kunjungi selain kawasan Puncak Bogor adalah Kawah Ratu yang berada di kawasan hutan Gunung Salak. Jika kamu ingin berkunjung kesana maka kamu harus melewati jalur pendakian yaitu melalui Desa Pasir Reungit Kecamatan Pamijahan atau bisa juga melalui daerah Cidahu yang berada di kawasan Sukabumi.

Kawah Ratu merupakan sebuah obyek wisata alam yang sudah termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Cukup membayar tiket sebesar Rp. 15 ribu saja di pos pendakian maka kamu bisa menuju ke tempat tersebut. Selama di pos pendakian, para wisatawan yang berkunjung  diwajibkan untuk mengisi data diri lengkap sebelum melakukan pendakian. Kawasan Kawah Ratu merupakan sebuah kawasan yang masih aktif dan memiliki kontur tanah bekas aliran lahar yang sangat licin maka dari itu kamu harus hati – hati ketika melewati Kawah Mati.

Sesampainya di Kawah Mati maka kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang tak kalah indahnya dengan Kawah Ratu. Bisa dikatakan jika Kawah Mati merupakan tempat yang paling favorit bagi para pendaki untuk berfoto – foto, hal tersebut bisa kamu lihat jika banyak pendaki yang menyempatkan diri untuk berfoto – foto. Bahkan salah seorang pendaki menuturkan jika sudah pernah melakukan tiga kali pendakian menuju Kawah Ratu. Jalur pendakian bisa kamu lewati melalui jalur Cidahu, jadi tak hanya dari kawasan Bogor saja bisa melewatinya.

Nah, jika sudah melewati kawasan Kawah Mati maka kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk sampai ke kawasan Kawah Ratu. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke Kawah Ratu dari pos pendakian yang berada di Desa Pasir Reungit. Sesampainya di Kawah Ratu, disarankan kamu tak boleh untuk jongkok atau duduk lama – lama disekitar kawah karena posisi kawah yang masih aktif sehingga menimbulkan bau belerang yang sangat menyengat. Jika ingin foto disekitar kawah tak mengapa asal jangan lama- lama takut terjadi apa – apa. Selain dapat menikmati keindahan kawah, para wisatawan yang berkunjung pun dapat menikmati keindahan Hutan Mati. Di hutan mati, kamu menjumpai beberapa pepohonan kering yang sudah mati namun masih menancap ditanah dan ini memberikan keindahan tersendiri di kawasan wisata alam Kawah Ratu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.