Liburan di Kapal Pesiar Bareng Anak? Lakukan Ini Biar Si Kecil Senang!

Di mana-mana, yang namanya berlibur bersama anak itu harus diakui cukup membuat perjalanan terasa melelahkan dan terasa jadi terbatas. Entah itu karena anak yang aktif berlari-lari kesana-kemari, kemauan yang harus diikuti, dan juga rewelnya anak ketika dia mulai lelah.

Wisata di darat saja dia sudah begitu, bagaimana dengan kalau dia ikut wisata di kapal pesiar yang notabene kamu dan keluargamu stuck di dalam satu tempat untuk waktu yang agak lama? Nah, di sinilah kamu harus bisa merencanakan perjalanan liburanmu ini dengan baik supaya semua pihak merasa senang.

Persiapan Matang

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memastikan bahwa semua akan berjalan lancar adalah mencari tahu tentang kapal pesiar yang akan kamu naiki. Ketika kamu masih bisa memilih, segera cari informasi yang selengkap-lengkapnya tentang kapal pesiar, dari fasilitasnya sampai kenyamanannya.

Baru ketika kamu sudah tahu persis bahwa kapal pesiar akan bisa membuat anakmu terhibur, kamu siapkan ini juga:

1. Memilih tujuan yang dekat saja
Sebenarnya kamu mengajak anak naik kapal pesiar agar dia bisa merasakan pengalaman yang baru, kan? Karena itu, tak perlu jauh-jauh perginya. Kalau terlalu lama di kapal, justru dia bisa bosan. Kamu bisa memilih paket perjalanan yang singkat saja.

2. Sudah didiskusikan dari jauh-jauh hari
Kalau kamu sudah merencanakan ini dari jauh hari, kamu akan mendapatkan banyak kesempatan untuk cari tahu tentang kapal yang bagus, tentang peralatan yang harus dibawa, prosedurnya, apa yang bisa dilakukan saat di kapal, dan tentunya dapat diskon harga yang oke.

3. Bawa perlengkapan dan obat pribadi
Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi yang menjadi kesayangan si kecil, dan peralatan seperti botol susu, popok, tisu, baju ganti yang bersih, dll. Daripada kamu membeli di kapal, kamu bakal kena biaya tambahan, lho. Selain itu, jangan lupa bawa obat pribadi, buat si kecil maupun untuk kamu sendiri sehingga masalah kesehatan bisa cepat diatasi.

4. Bawa uang cadangan
Kamu juga perlu menyediakan sejumlah uang cadangan secara tunai (lebih bagus lagi kalau dalam mata uang asing seperti Dollar Amerika), sehingga kamu bisa memberikan tip pada guide, membeli keperluan yang mendadak, dll.

Membuat Anak Betah di Kapal

Ketika sudah saatnya kamu dan keluarga plesir dengan kapal, ini yang bisa kamu lakukan untuk membuat si buah hati terhibur:

1. Lihat jadwal aktivitas di kapal dan ikutilah
Begitu kamu sampai di kapal pesiar, kamu biasanya akan mendapatkan jadwal untuk kegiatan-kegiatan di kapal selama kamu menginap di sana. Ini bisa mencakup entertainment, snack time, atau acara khusus lain. Bawa anakmu untuk menikmati hiburan yang cocok untuk umurnya.

2. Tetap di kapal bisa jadi pilihan
Seperti yang sudah ditulis di atas, anak-anak bakal cepat lelah dan rewel kalau kamu ajak perjalanan terlalu jauh. Tinggal di kapal dan mengeksplorasinya bisa memberikanmu kesempatan untuk bonding dengannya.

3. Manfaatkan fasilitas khusus anak
Biasanya di kapal pesiar kamu bakal menemukan banyak fasilitas yang dikhususkan untuk anak-anak, dari kids club dengan pendamping yang berpengalaman dan kelas serta aktivitas mendidik, kolam renang, hingga tempat bermain anak-anak. Jangan ragu memanfaatkan semuanya ini.

Hal yang terpenting supaya kamu dan keluargamu bisa enjoy liburan di kapal adalah nikmati saja dan dibawa santai. Toh namanya juga liburan, nggak perlu stress-stress amat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.