Durian Merah, Durian Istimewa yang Beda Dari Durian Biasa

Durian yang lezat dengan baunya yang khas itu adalah buah yang disukai masyarakat Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Apalagi di sini, kamu bisa menemukan berbagai varietas durian yang unik, yang cuma bisa kamu temukan di sini. Salah satunya adalah durian merah, yang berasal dari daerah Banyuwangi.

Durian Istimewa

Durian merah ini adalah durian yang istimewa. Warna buahnya merah, meskipun di dalamnya kamu nggak bakal melihat banyak perbedaan dari durian yang lainnya. Keistimewaan yang lainnya lagi adalah:

• Soal rasa, durian ini rasanya sangat enak, daging buahnya harum, lembut, dan lebih tebal dan banyak, karena biji duriannya jauh lebih kecil dibanding durian biasa.
• Rasanya yang khas adalah karena terpapar sulfur yang banyak terdapat di daerah tempat budidayanya di Banyuwangi.
• Kandungan gizinya sangat banyak. Durian mungkin saja identik dengan kolesterol, tapi kenyataannya, durian merah punya kandungan serat yang tinggi, karbohidrat, fitosterol untuk membuat kamu lebih santai, fitohormon untuk membuatmu tetap awet muda, dan juga vitamin C yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan membuat kulit tetap halus.

Tapi keistimewaan durian merah ini bukan hanya itu saja. Durian merah ini punya sejarah yang panjang, dan mulai dikenal di Pulau Jawa sejak zaman Kerajaan Blambangan. Dari Kalimantan, bibit durian merah ini diboyong ke Jawa, dan ditanam di Banyuwangi. Konon, durian merah ini digunakan sebagai obat yang mujarab.

Cara Memilih Durian Merah Berkualitas

Untungnya, durian merah ini sudah dibudidayakan di Banyuwangi sehingga kamu yang berada di Pulau Jawa nggak perlu jauh-jauh ke Kalimantan untuk mencobanya. Durian yang sebenarnya tak terlalu besar ini (lebih kecil dari durian monthong, karena diameternya paling-paling hanya sampai 20 cm) bisa kamu dapatkan dari Banyuwangi maupun ketika ada pameran.

Nah, untuk kamu yang ingin membelinya dan merasakan kelezatan durian merah, atau membelinya untuk dijadikan bibit, ada cara-cara tersendiri yang harus kamu perhatikan ketika memilihnya. Ini dia caranya:

1. Aroma
Uniknya, durian merah yang bagus ternyata tak mengeluarkan bau sama sekali, setidaknya kalau belum dibuka. Jadi kalau kamu mencium kulitnya saja, kamu nggak bakal menemukan adanya aroma durian yang khas tersebut. Ini karena durian merah mengandung zat yang disebut antosianin, yang menjaga sel tubuh agar tetap muda, dan menghilangkan bau pada durian.

2. Bentuknya seperti belah ketupat
Lebih istimewa lagi adalah bentuknya. Kamu yang mencari durian merah yang bagus dan rasa yang manis harus mencari yang bentuknya mirip dengan belah ketupat. Kalau yang kamu dapatkan bentuknya kayak apel, justru kandungan tepungnya yang lebih tinggi, sehingga rasa buahnya tidak terlalu kelihatan.

3. Aroma saat masih di tangkai
Buah yang segar dan berkualitas mengeluarkan bau yang khas saat tangkainya masih terpasang. Beda ketika tangkainya sudah dilepas, di mana bau akan menghilang.

4. Tekstur duri
Duri dari durian yang buahnya mengandung banyak air akan mempunyai duri yang teksturnya lebih lunak. Sebaliknya, kalau buah di dalam durian itu kering, maka kamu bakal merasakan duri kulit yang keras.

Kamu yang ingin mencari durian merah ini silahkan rajin-rajin saja untuk mencari tahu tentang pameran durian yang diadakan di tempat dekatmu. Pasti ada yang menjual atau memamerkan produk-produk yang dibuat dari budidaya buah yang unik ini. Serunya lagi, tak cuma durian saja yang bisa kamu dapatkan, tapi juga berbagai olahannya seperti es, pancake, dan macam-macam kue.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.