Ini Nih, 5 Kuliner khas Madura yang Wajib Kamu Coba!

Sate merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sudah dikenal oleh banyak orang dan menjadi kuliner favorit yang khas dengan kandungan protein yang tinggi dan sangat cocok jika dimakan bersama nasi hangat. Salah satu kuliner sate yang cukup legendaris adalah Sate Madura dengan gaya penjual sate nya yang khas.  Tak hanya sate saja, namun Madura juga cukup terkenal dengan kuliner lainnya berupa soto. Soto khas Madura memiliki ciri khas berupa irisan telur rebus serta kentang goreng yang dimana kuah soto tersebut sangat mirip dengan Soto Lamongan. Daging yang digunakan pun biasanya menggunakan daging sapi. 

Namun saat kamu sedang berkunjung ke Madura, jangan uap untuk mencicipi kuliner – kuliner khas nya. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Sate Madura

Rasanya sudah tak asing lagi dengan kuliner khas Madura yang satu ini yakni Sate Madura. Pasalnya kuliner ini sangat mudah ditemukan di seluruh pelosok Indonesia. Sate Madura menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya, dan sambal kacang sebagai salah satu ciri khas nya. Untuk menambah kelezatan rasa kuliner ini, tak lupa diberi tambahan kecap serta irisan cabai dan bawang merah mentah. Sate Madura sangat nikmat disajikan bersamaan dengan lontong ataupun nasi putih hangat.

2. Soto Madura

Selain Sate Madura, ada juga Soto Madura yang wajib kamu coba saat berkunjung kesini. Sebagaimana soto pada umumnya, Soto Madura sangat terlihat begitu menggoda dengan kuahnya. Namun ada sedikit perbedaan dengan soto pada umumnya yakni dalam penyajiannya yang dimana Soto Madura dilengkapi dengan irisan telur rebus dan daging yang digunakan adalah daging sapi. Sekilas kuah soto ini sangat mirip dengan Soto Lamongan.

3. Bebek Songkem

Penggemar daging bebek tak boleh melewatkan kuliner yang satu ini ketika berkunjung ke Madura. Bebek Songkem merupakan kuliner khas yang berasal dari Kabupaten Sampang, Pulau Madura. Cara pengolahan Bebek Songkem ini konon menggunakan metode khusus yang membuatnya lebih rendah kolesterol. Mengenai namanya, Bebek Songkem ternyata memiliki filosofi khusus. Kata Songkem berasal dari Songkeman (sungkem). Hampir setiap desa di Madura konon memiliki minimal seorang kyai yang dengan suka rela mengajari anak-anak mengaji. Untuk memberi rasa hormat kepada kyai, orang tua di Madura sering mengunjunginya dengan membawa buah tangan berupa masakan daging bebek

4. Lorjuk 

Lorjuk adalah sejenis kerang yang banyak di temukan di kawasan pesisir Madura. Lorjuk ini memiliki bentuk yang berbeda dengan kerang – kerang pada umumnya. Masyarakat Madura sering memanfaatkan Lorjuk sebagai bahan makanan. Di Madura, Lorjuk sering diolah sebagai lauk nasi serta keripik untuk cemilan.

5. Otok

Ingin membawa oleh – oleh khas Madura? Otok bisa dijadikan sebagai salah satu oleh – oleh yang bisa kamu bawa pulang loh! Otok merupakan camilan yang terbuat dari biji kacang panjang yang kemudian diolah dengan campuran aneka bumbu. Rasa nya pun beraneka ragam yakni ada gurih, pedas, atau asin.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.