4 Tips Berkunjung ke Pantai Selong Belanak

Pulau Lombok dan Pulau Bali memiliki keindahan alam yang mempesona, tak heran jika kedua pulau tersebut sangat terkenal hingga ke mancanegara. Nah, jika kali ini kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Pulau Lombok, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Selong Belanak yang berada di Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Kuta, Pantai Mawun, dan Pantai Seger. Pantai Selong Belanak memiliki pantai yang sangat landai dan cukup panjang sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bermain air.

Beberapa tahun silam, pantai ini masih sangat sepi pengunjung dan belum ada fasilitas apapun. Namun kini, kamu sudah bisa menemukan warung – warung yang berjejer serta persewaan payung dan papan selancar di pinggiran pantai. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai ini tanpa bermain air karena selain pantainya yang landai, ombak di pantai ini pun terbilang relatif kecil sehingga cukup aman bagi wisatawan. Tapi tetap untuk selalu berhati — hati saat bermain air. Nah, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Selong Belanak ada baiknya perhatikan tips berikut ini. Diantaranya adalah :

1. Menggunakan Kendaraan Bermotor

Salah satu cara terbaik untuk mengeksplore Pulau Lombok adalah dengan menggunakan kendaraan bermotor. Selain harga sewanya yang terbilang murah, motor lebih fleksibel dibandingkan dengan menggunakan mobil. Mengingat kondisi jalannya yang naik turun sehingga sangat mudah jika dijangkau dengan menggunakan motor.

 

2. Menyewa Papan Selancar

Nah, buat kamu yang memiliki hobi selancar atau ingin belajar selancar maka tak ada salahnya membawa atau menyewa papan selancar yang berada di pinggir pantai karena Pantai Selong Belanak sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin belajar selancar. Banyak wisatawan yang memanfaatkan pantai ini sebagai lokasi untuk belajar selancar. Harga sewa papan selancar sekitar Rp 50 ribu dan kau sudah bisa menggunakan sepuasnya.

3. Waktu yang Pas Untuk Berkunjung

Jika waktunya memungkinkan, kamu bisa datang ke pantai ini saat sore hari tiba. Suasananya akan terasa lebih asik karena tidak terlalu panas dan terik. Waktu tempuh ke Pantai Selong Belanak sekitar 1 jam dari Mataram.

 

4. Mampirlah ke Desa Sade

Untuk sampai ke Pantai Selong Belanak, kamu bisa melewati dua rute walaupun kedua rute tersebut melewati by pass ke Bandara. Di salah satu rute nya, kamu akan melewati Desa Sade yang merupakan sebuah desa adat yang dihuni oleh Suku Sasak atau suku asli Lombok. Tak seperti desa adat pada umumnya, Desa Sade ini lokasinya berada di tepi jalan raya sehingga bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke desa ini tak perlu trekking terlebih dahulu untuk sampai kesana.

Untuk masuk ke desa tersebut, kamu wajib didampingi oleh seorang pemandu lokal yang merupakan penduduk desa.  Mereka tidak mematok tarif khusus. Kita hanya diminta membayar seikhlasnya. Berkunjung ke Desa Sade akan membuat kita tahu lebih jauh tentang Pulau Lombok serta masyarakat Suku Sasak yang notabene merupakan penduduk asli pulau tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.