Ingin Liburan yang Dapat Memacu Adrenalin ? Ke Bandung Barat Aja Yuk

Bandung sangat terkenal sekali sebagai kota wisata, bahkan setiap akhir pekan hampir 50% kendaraan yang berada di Bandung di dominasi dari luar daerah. Tak heran jika Bandung selalu di padati oleh wisatawan  dari luar daerah ketika hari libur tiba. Bandung hampir memiliki semua aspek wisata mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata belanja, dan wisata lainnya yang hampir semua ada di kota yang mendapat julukan Kota Kembang ini. Selain Tangkuban Perahu dan kawasan Lembang yang bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata namun ada juga obyek wisata yang harus kamu coba di Bandung Barat yaitu Arung Jeram di Sungai Citarum. Sungai Citarum ini merupakan salah satu sungai terbesar dan terpanjang di tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat.

Sungai Citarum

Di sungai inilah pertama kali olahraga arung jeram lahir, namun saat ini Sungai Citarum mengalami krisis yang menyebabkan air yang mengalir melalui Sungai Citarum ini mengalami pencemaran oleh berbagai limbah industri. Namun hal tersebut bukan menjadi hambatan beberapa yayasan dan agen wisata arung jeram untuk terus memperkenalkan salah satu olahraga yang dapat memacu adrenalin siapa saja yang ingin mencobanya. Salah satu yayasan yang mengelola olahraga arung jeram di Sungai Citarum ini adalah Masyarakat Kapinis. Basecamp Kapinis ini letaknya berada di Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat dan dapat diakses selama 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung.

Sanghyang Tikoro Sungai Citarum

Selama perjalanan menuju Basecamp Kapinis akan disuguhkan dengan pemandangan berupa pepohonan rindang, jadi tak akan bosan selama di perjalanan. Sesampainya di Basecamp Kapinis, peserta yang datang akan diberikan prosedur keselamatan menyelam serta Emergency and Rescue Technique oleh skipper atau pemimpin tim arung jeram. Setelah semua persiapan dirasa sudah cukup barulah para peserta diajak berjalan menuju Sanghyang Tikoro sekitar 1 km. Sanghyang Tikoro ini merupakan tempat dimana arung jeram tersebut melakukan start. Untuk melakukan olahraga arung jeram ini tidak ada persyaratan apapun dan untuk yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir karena ada pelampung yang dipakai di setiap peserta dan pastinya selalu menjaga para peserta yang menggunakannya.

Standing Wave

Dengan rekor yang dicapai Yayasan Kapinis sebagai satu - satunya yayasan dengan zero accident, pihak pengelola menjadi peserta akan aman dibawah bimbingan tim Kapinis. Selama melakukan arung jeram, para peserta akan disuguhkan dengan berbagai medan arung jeram yang menarik. Sekitar 4 macam medan yang akan menjadi tantangan para peserta selama berarung jeram di Sungai Citarum. Medan tantangan tersebut meliputi Standing Wave, Hole, Eddies, dan Boil. Masing - masing medan memiliki kecepatan dam ombak yang berbeda - beda misalnya saja seperti Standing Wave yang dimana terdapat ombak yang cukup tinggi akibat perbedaan kecepatan arus sehingga memberikan efek guncangan pada perahu karet ketika menerjang ombak yang membenturnya.

Arung Jeram di Sungai Citarum

Kalau Hole adalah lubang yang berada di dasar sungai sehingga memungkinkan perahu karet terbalik. Eddies merupakan pusaran air dan Boil adalah jenis jeram yang menyerupai air mendidih karena efek bebatuan yang berada di bawahnya. Setiap medan memberi kesenangan sekaligus ketegangan tersendiri bagi siapapun yang mencobanya.Bagi kamu yang ingin memacu adrenalin, berarung jeram bersama Kapinis bisa menjadi salah satu kegiatan saat berlibur di Bandung.

Tanggapan Kamu

Berbagi Itu Indah:

Baca juga tulisan berikut:

Ingin Liburan yang Antimainstream di Akhir Pekan? Ke Curug 7 Cilember Aja Yuk, Berkemah Sambil Menikmati Air Terjun

Kota Bogor dengan keindahan alam nya yang dimiliki sangat cocok dinikmati keindahannya saat liburan akhir pekan tiba. Bogor memang memiliki pesona keindahan alam yang sangat memukau sehingga menarik minat para wisatawan dari berbagai penjuru. Terdapat berbagai tempat wisata Bogor yang disertai dengan berbagai fasilitas lengkap seperti penginapan, transportasi dan juga kuliner yang bukan hanya mengobati rasa lapar namun juga memanjakan lidah kamu dengan citarasa dan kelezatannya. Dengan kondisi geografis, status administratif, dan juga berbagai potensi yang dimilikinya, Bogor menjadi menarik untuk dikunjungi. Salah satu lokasi wisata alam yang tentunya sudah tak asing lagi adalah kawasan Puncak Bogor. Wisata Puncak Bogor bisa menjadi salah satu alternatif lokasi wisata akhir ...

Cave Tubing Gua Pindul, Menyusuri Sungai Dalam Gua yang Dapat Memacu Adrenalin Kamu

Menyusuri sungai menggunakan perahu karet merupakan hal yang biasa, namun jika sungai tersebut mengalir di dalam gua tentunya akan menjadi sebuah petualangan yang dapat memacu adrenalin kamu dan pastinya mengasyikan. Gua Pindul merupakan salah satu gua dari rangkaian 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah yang berada di Desa Bejiharjo, Kecamtan Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Saat ini obyek wisata tersebut sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak diperlukan persiapan khusus jika kamu ingin melakukan cave tubing di Gua Pindul. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah ban pelampung, life vest serta headlamp saja yang sudah disediakan oleh phak pengelola. Gua Pindul ini memiliki panjang sekitar 350 meter, lebar 5 meter dengan atap gua mencapai 4 meter tingginya. Selama kurang ...

5 Kegiatan Wajib yang Harus Dilakukan Selama Travelling ke Mandeh, Sumatera Barat

Anda termasuk orang yang hobby menyelam, maka ada beberapa kawasan di Indonesia yang wajib untuk disambangi, mulai dari pantai Karimun Jawa, pantai yang ada di Sulawesi, dimana jika Anda beruntung juga akan bertemu dengan hiu secara langsung dan satu lagi perairan yang ada di Rajah Ampat, nama yang tentunya sudah tak begitu asing lagi bagi pecinta traveling bukan. Salah satu kawasan yang menjadi dewanya NTT, sekali menginjakkan diri pastinya tak akan menu kembali lagi. Hanya saja tak harus jauh-jauh datang kesana untuk menemukan keindahan alam bawah laut, di Sumatera sendiri ada, tepatnya adalah berada di kawasan Sumatera Barat. Anda akan menemukan sebuah destinasi wisata yang di Mandeh. Tempat ini berada di pulau sirojang kecil dan sirojang besar. Untuk bisa kesini tentunya ...

Hal yang Bisa Dilakukan Selama Berlibur di Pulau Sironjong, Sumatera Barat

Kamu termasuk orang yang hobby menyelam, maka ada beberapa kawasan di Indonesia yang wajib untuk disambangi mulai dari pantai Karimun Jawa, pantai yang ada di Sulawesi, dimana jika kamu beruntung juga akan bertemu dengan hiu secara langsung dan satu lagi perairan yang ada di Raja Ampat. Tentunya sudah tak asing lagi dengan nama destinasi wisata yang satu ini bagi para pecinta travelling. Salah satu kawasan yang menjadi dewanya NTT, sekali menginjakkan diri pastinya tak ingin kembali lagi. Namun tahukah kamu, jika ingin merasakan liburan bak di Raja Ampat kini kamu bisa berkunjung ke kawasan Sumatera untuk melihat keindahan alam bawah lautnya. Salah satu lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah kawasan Mandeh yang berada di Sumatera Barat. Lokasinya berada di Pulau Sironjong ...

Liburan Weekend Seru Kesini Aja Yuk!

Berbicara mengenai Kota Yogyakarta memang tak akan ada habisnya dengan destinasi wisata alamnya yang disuguhkan sebut saja Kalibiru, Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan, dan masih banyak yang lainnya. Tak dapat dipungkiri jika destinasi wisata di Jogja masuk ke dalam daftar tempat wisata favorit di Indonesia yang popularitasnya dikenal baik di kalangan wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Nah, untuk kamu yang belum memiliki rencana libur weekend kali ini mau kemana mendingan ke Jogja aja yuk! Kota Yogyakarta memiliki segudang destinasi wisata yang seru dan pastinya bakal bikin kamu enggan untuk pulang. Destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja hingga obyek wisata yang dapat memacu adrenalin kamu bisa kamu temukan di Kota Jogja. Berikut ada beberapa ...

6 Tempat Wisata Bandung Yang Dapat Anda Kunjungi Saat Liburan

Tempat wisata Bandung tentunya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang kebetulan berada di area sekitar Bandung atau dari luar kota untuk menghabiskan waktu liburan. Dengan hanya membayar biaya tiket masuk yang tidak seberapa, Anda dan keluarga sudah dapat menikmati pemandangan indah dari beberapa lokasi wisata berikut ini: Kebun bunga Cihideung Anda tidak perlu jauh-jauh ke Belanda untuk dapat menikmati kebun bunga yang cantik, di Bandung ada sebuah lokasi wisata tepatnya kebun bunga Cihideung yang akan memanjakan Anda dengan aneka bunga seperti krisan, aster, gladiol, dan bunga lainnya. Dengan menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota dan membayar harga tiket sekitar Rp 5.000,00, Anda sudah dapat menikmati keindahan semua bunga yang ada dan jika Anda ingin ...

Menghabiskan Liburan Di Bandung, Jangan Lupa Mampir ke Bandung Culinary Night

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyediakan banyak destinasi liburan yang mengasyikan. Selain itu bandung juga menjadi salah satu kota fashion, sehingga banyak anak muda hingga orang tua yang mengunjungi kota ini hanya untuk menghabiskan waktu liburannya. Ternyata selain banyak tempat untuk wisata dan berbelanja, terdapat juga banyak tempat makan atau tempat untuk nongkrong. Banyak pilihan tempat tentu membuat Anda bingung sendiri mau kemana, terutama di malam minggu yang pastinya menjadi malam yang banyak orang menghabiskan waktu diluar. Nah, bagi Anda yang mengahabiskan malam minggu di kota Bandung dan bingung mau memutuskan pergi kemana terutama untuk mengisi perut. Kami sarankan untuk mampir berkunjung ke Bandung Culinary Night. Di Bandung ...

Mau Wisata Kuliner Bakso yang Enak dan Lezat? Ke Malang Aja Yuk!

Siapa sih yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini? Bakso merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berbahan dasar daging sapi dan banyak kamu temui di seluruh Indonesia. Namun setiap daerah memiliki keunikan dan citarasa masing - masing. Salah satu kota di Indonesia yang sudah sangat terkenal dengan kuliner bakso nya adalah Malang. Kota yang mendapat julukan Kota Apel ini memiliki suhu udara yang cukup dingin. Jadi, rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Kota Malang tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Di Malang terdapat beberapa variasi bakso yang bisa kamu nikmati. Tak hanya sebatas bakso komplit dengan pangsit goreng dan mie saja, namun jenis - jenis bakso yang lebih inovatif saat ini sudah mulai menjamur di Kota Malang mulai dari Bakso Bakar, Bakso ...

5 Wahana Permainan Air di Tanjung Benoa yang Dapat Memacu Adrenalin Kamu

Pulau Bali merupakan pulau yang sudah terkenal akan keindahan alam nya yang sangat mempesona, tak hanya wisatawan lokal yang datang namun juga wisatawan mancanegara banyak yang datang berkunjung ke Bali untuk melihat keeksotisan pulau yang satu ini. Tak hanya terkenal dengan keindahan alam dan keragaman budayanya saja, namun di Bali juga terdapat berbagai obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti salah satunya adalah Tanjung Benoa. Tanjung Benoa merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang berdekatan dengan kawasan wisata Nusa Dua dan berjarak sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Pantai Tanjung Benoa memiliki keindahan alam berupa pasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar dan sangat cocok digunakan  untuk melakukan aktivitas wisata bahari ...

Sudah Punya Rencana Liburan Akhir Tahun Dimana? Ke Pantai Lenggoksono Malang Aja Yuk!

Sudahkah kamu merencanakan liburan akhir tahun kali ini? Ya, akhir tahun tinggal menghitung hari saja dan masyarakat sudah mulai berburu tiket liburan untuk menikmati libur panjang Natal dan Tahun Baru. Mulai dari berburu tiket pesawat murah, booking hotel, dan lain sebagainya. Namun sebelum membeli tiket maupun booking hotel, tentunya kamu harus menentukan lebih dahulu destinasi liburan yang akan kamu tuju. Nah, untuk kamu yang sedang bingung menentukan tujuan liburan akhir tahun kali ini maka tak ada salahnya jika berkunjung ke Malang. Disana terdapat destinasi wisata alam berupa pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai - pantai yang ada di Pulau Bali.  Pantai Malang memang sangat menawan, bahkan banyak pantai - pantai di Malang yang belum tereksplore keindahannya seperti ...

Lokasi yang Pas Untuk Berkemah di Kawasan Bandung Timur

Batu Kuda Manglayang merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di lereng Gunung Manglayang di daerah Bandung Timur tepatnya di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi. Tak banyak wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata yang satu ini dikarenakan kawasan ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Obyek wisata tersebut merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang memiliki luas sekitar 20 Ha dan dikelola oleh Perhutani Unit III Jawa Barat di ketinggian 1150 - 1300 mdpl. Para pendaki serta wisatawan yang ingin berkemah sangat menyukai lokasi ini karena banyak dipenuhi hutan pinus dan memiliki suasana yang sangat sejuk.  Setiap hari Sabtu dan Minggu, lokasi ini selalu ramai oleh wisatawan yang berkunjung untuk melakukan perkemahan. Namun ada juga ...

Bingung Liburan Akhir Tahun Mau Kemana? Ke Tiga Spot Snow Ini Aja Yuk, Dijamin Liburan Kamu Seperti di Luar Negeri

"Akhir tahun liburan di Indonesia? Enaknya kemana ya?", mungkin pertanyaan ini bakal muncul buat kamu yang sudah merasa jenuh banget. Ingin liburan di Indonesia tapi masih bingung mau kemana atau mau berlibur ke luar negeri tapi udah enggak dapat tiket promo. Soalnya harga tiket liburan akhir tahun ke luar negeri sering nya melambung tinggi kecuali kamu sudah mendapatkan harga promo atau sudah beli tiket dari jauh - jauh hari. Namun, untuk kamu yang tidak mendapatkan tiket berlibur ke luar negeri atau hanya ingin berlibur di Indonesia saja maka tak ada salahnya mulai cari ide mau liburan kemana karena sudah bukan rahasia lagi jika wisata alam di Indonesia itu sangat mempesona. Nah, jika kamu ingin merasakan berlibur di area snow spot maka kini tak perlu jauh - jauh dan ...

Sudah Punya Jadwal Mau Liburan Kemana Akhir Pekan Kali Ini? Kalau Belum Ada Berkunjung ke Desa Songa Aja Yuk!

Sudah punya jadwal mau liburan kemana akhir pekan kali ini? Liburan di Indonesia atau lebih memilih liburan di luar negeri? Wah, rugi banget deh rasanya kalau di dalam Negeri sendiri yang begitu cantik dan mempesona ini harus dilewatkan malah memilih liburan di luar negeri. Nah, ada salah satu kota di Indonesia yang wajib kamu kunjungi untuk liburan saat ini yaitu Malang. Tak hanya terkenal dengan Apel nya saja, namun Malang memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat hari libur tiba dan sangat sayang sekali jika dilewatkan. Selain kamu dapat menikmati indahnya Bromo saat sunrise, kamu juga memacu adrenalin kamu di Desa Songa yang berada di Kabupaten Probolinggo.  Sekitar menempuh jarak 91 kilometer maka kamu akan sampai ke obyek wisata tersebut dan akan ...

Lima Akomodasi Penginapan Murah di Bandung yang Cocok Dijadikan Sebagai Pilihan Tempat Menginap

Ingin berlibur ke tempat yang unik, tapi malas membayangkan harus ke daerah yang selalu di padati wisatawan seperti Bali? Bagaimana kalau berkunjung ke suatu tempat di Indonesia yang tak kalah keren dan terkenalnya yaitu Bandung? Bandung tak hanya terkenal sebagai surga belanja saja. Sama hal nya seperti Bali, di Kota Kembang ini juga kamu bisa menemukan beberapa akomodasi penginapan yang unik untuk menginap. Jika kamu seorang backpacker, maka tak ada salahnya mengajak liburan bareng bersama teman - teman mu. Berikut ada beberapa penginapan murah dengan tarif mulai dari Rp. 100 ribuan yang bisa kamu pesan melalui situs pegipegi.com. 1. Bantal Guling Guesthouse Gatsu Bantal Guling Guesthouse Gatsu yang terletak hanya 4,1 km dari pusat kota ini memiliki lokasi yang strategis dan ...

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Berkunjung ke Pasar Malam Sekaten

Siapa yang tak rindu dengan Jogja yang dimana kota ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan dar Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang. Bila berkunjung ke kota ini tak pas rasanya jika tidak menikmati wisata malamnya karena di Jogja banyak sekali tempat - tempat yang ramai dikunjungi bila malam tiba seperti salah satunya Sekaten. Mungkin sebagian dari kamu sudah tak asing lagi dengan Sekaten yang merupakan acara tahunan pesta rakyat di Keraton Yogyakarta secara turun temurun dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud. Untuk kamu  yang ingin berkunjung ke Jogja jangan sampai lupa untuk mampir ke acara tahunan ini. Biasanya acara ini digelar di Alun - Alun Utara Yogyakarta dan Surakarta. Pasar malam ini sangat menarik karena terdapat ...