Indahnya Pesona Magi Pulau Vulkanik

Pulau Magi ini adalah salah satu pulau tercantik yang ada di Indonesia. Pulau ini menjadi satu – satunya pulau yang dijuluki sebagai Pulau Vulkanik. Ukuran dari pulau ini memang tidak terlalu besar, namun pesona alam yang akan dapat Anda nikmati pada pulau ini akan membuat Anda semakin takjub dengan keindahan Indonesia. Maka dari itu Anda harus tahu bagaimana keindahan pesona pulau Magi ini supaya dengan Anda tahu maka Anda akan dapat mengunjungi pulau tersebut. Pulau ini disebut sebagai Pulau Vulkanik adalah karena terdapat Gunung Berapi yang masih aktif. Nama dari gunung pada pulau ini adalah gunung Gamalama. Ini merupakan salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia. Jadi kapan saja gunung ini akan dapat meletus. Sehingga masyarakat yang tinggal pada kawasan gunung tersebut selalu siaga terhadap adanya bencana gunung meletus.

Hal ini tidak lama ini terjadi, yaitu Gunung Gamalama ini kembali memuntahkan lahar panasnya pada tahun 2015 kemarin. Sehingga dengan adanya letusan inilah maka pulau ini disebut sebagai Pulau Vulkanik. Pada saat gunung Gamalama ini meletus maka akan mempunyai bekas dari lahan panas. Bekas ini akan membentuk aliran yang sangat panjang dan dalam. Sepanjang aliran ini disebut sebagai batu angus. Nama batu angus ini adalah karena batu yang terkena larva sehingga batu ini dari panas menjadi beku karena terkena lahar dingin. Dengan adanya batu ini maka aliran dari bekas gunung yang meletus ini kembali memanjang yaitu sampai pesisir pantai. Sehingga tidak heran jika pulau ini disebut sebagai Pulau Vulkanik. Karena setiap kali gunung meletus maka akan meninggalkan bekas aliran yang sangat panjang dan lebar.

Dalam pulau ini juga terdapat Danau Tolire. Bagi Anda yang suka dengan keindahan alam maka akan lebih baik jika Anda juga mengunjungi danau ini. Karena pesona danau ini juga akan tidak kalah dengan danau indah lainnya. Bisa dibilang Danau Tolire ini adalah danau yang masih cantik karena masih alami. danau Tolire ini muncul karena adanya letusan freatik. Sehingga bisa dipastikan bahwa hampir sebagian besar penampakan alam pada pulau ini adalah karena akibat dari letusan gunung berapi. Karena terbentuk akibat adanya letusan freatik tersebut maka hal ini menyebabkan permukaan danau ini menjadi mempunyai bentuk yang elips. Namun hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda danau ini. sebab sangat jarang danau dapat membentuk bentukan yang bagus seperti elips ini.

Dan tidak hanya mempunyai bentuk yang bagus dan unik saja, melainkan penampilan dari danau ini juga unik karena danau ini mempunyai penampilan air yang hijau muda. Sehingga bisa dibilang ini adalah danau yang unik. Maka dari itu berkunjung ke pulau ini akan dapat membuat Anda paham akan apa akibat penampakan alam dari letusan gunung berapi. Dan apabila dari letusan tersebut terbentuk danau, maka penampilan danaunya akan terlihat berbeda dari danau pada umumnya. Sayangnya masih sedikit sekali orang yang paham akan pesona dari pulau cantik yang ada di Indonesia ini. Sebab pulau ini memang masih menjadi satu – satunya pulau di Indonesia yang dikenal sebagai Pulau Vulkanik karena alamnya. Selain itu juga keindahan alami dari pulau ini akan mampu membius siapa saja yang hadir pada pulau ini. Sebab pemandangan tersebut hanya ada pada pulau ini saja.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.