Menikmati Suasana Danau Bulat yang Tenang dan Riang

Mendengar namanya Danau Bulat pastinya ini menjadi hal yang aneh sekaligus unik untuk Anda. Memang sesuai dengan namanya maka danau yang terletak di Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Danau ini sendiri mempunyai luas yang lumayan lebar, yakni 500 meter persegi. Danau bulat ini memang tidak satu – satunya danau yang ada pada desa tersebut namun danau bulat ini adalah danau yang paling mempunyai pemandangan yang bagus. Sebab desa ini juga mempunyai 13 danau lainnya yang juga menghiasi desa ini. Sehingga bagi Anda yang ingin berlibur maka memilih desa ini sebagai tujuan wisata akan lebih baik. Danau Bulat ini dikembangkan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sekitar karena di dalam danau tersebut terdapat banyak sekali jumlah ikan. Maka dari itu sebagian besar warga yang tinggal di dekat danau akan mempunyai mencari nafkah dengan cara nelayan.

Lalu mengapa danau ini harus dinamakan Danau Bulat? Awal mula nama Danau Bulat ini adalah dari seorang yang menemukan danau ini yaitu Mas Saleh. Mas saleh menemukan danau ini Samsung halnya dengan nama istrinya yaitu Bunter yang artinya bundar atau bulat. Jadi semenjak saat itu danau ini dikenal sebagai nama danau Bunter atau danau Bulat. Di dalam danau ini juga tidak hanya sebagai sumber mencari nafkah saja melainkan dengan adanya danau Bulat ini maka banyak juga orang yang menggunakan danau bulat ini untuk bersampan. Bersampan di danau ini akan menjadi hal yang paling menyenangkan dan ini adalah salah satu aktivitas yang biasa dilakukan banyak penduduk di desa tersebut. Tidak hanya bersampan yang menjadi aktivitas di danau Bulat tersebut namun juga banyak orang atau biasanya para orang muda yang juga berenang pada danau tersebut. Tentu saja aktivitas berenang di danau tersebut akan lebih menyenangkan dari pada bersampan. Hampir setiap hari menjelang sore selalu terdapat orang yang berenang pada danau tersebut.

Air danau pada danau Bulat ini sendiri adalah berwarna hitam karena banyak mengandung gambut. Sehingga apabila Anda berenang di danau ini maka orang sekitar meyakini bahwa apabila sering berenang maka hal ini akan dapat mengobati penyakit kulit yang ada pada diri Anda karena air danau tersebut dapat mengobati penyakit Anda. Sehingga tidak jarang jika banyak orang yang sakit kulit malah akan berenang di danau tersebut dan berharap untuk sembuh. Dan hal ini sudah banyak dibuktikan oleh para orang yang memang sakit kulit dan dapat sembuh setelah berenang di danau tersebut.

Aktivitas warga ini di samping danau juga biasanya melakukan permainan. Permainan yang dimainkan oleh warga sekitar adalah bukan permainan biasa karena warga akan bermain sepak bola, hanya saja bola yang digunakan untuk permainan tersebut adalah berasal dari kelapa yang telah direndam dalam minyak tanah selama kurang lebih 12 jam. Hal ini agar minyak tanah meresap ke dalam kelapa tersebut. dan setelah itu bola ini dikasih api agar menjadi bola api. Namun para pemain akan dilumuri oleh minyak kelapa agar tidak cedera pada saat menendang bola tersebut. Para pemain juga di mantra agar baik – baik saja. Itulah beberapa suasana riang dan tenang yang akan Anda rasakan pada saat Anda akan mengunjungi Danau Bulat yang masih alami ini dan akan memanjakan Anda dengan suguhan budaya asli desa tersebut.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.