Menikmati Suasana Kesejukan dari Atas Perbukitan Hutan Pinus Mangunan

Terdapat banyak obyek wisata ketika kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta salah satunya terdapat obyek wisata alam terbuka yaitu Hutan Pinus Mangunan yang berada di sebelah Selatan Kota Yogyakarta. Lokasinya tepatnya berada di Dusun Mangunan Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Setiap harinya obyek wisata ini selalu ramai di datangi oleh para pengunjung apalagi jika weekend tiba atau libur tanggal merah. Hutan Pinus Mangunan dibuka pada tahun 2012 oleh masyarakat setempat dan merupakan kelompok pengelola hutan pinus “Pinusari”. Sejak awal dibukana obyek wisata tersebut, semakin hari sejumlah fasilitas dan pelayanan yang terdapat disana terus dikembangkan demi kenyamanan para pengunjungnya. 

Apalagi baru – baru ini dari pihak pengelola telah membuka sebuah panggung terbuka yang berada di tengah rimbunnya pohon pinus yang menjulang tinggi. Untuk para pengunjung yang datang, obyek wisata tersebut merupakan spot yang sangat menarik untuk melakukan foto ria maupun selfie. Salah satu pengelola Hutan Pinus Mangunan menuturkan jika panggung terbuka yang  berada di tengah – tengah hutan pinus tersebut berguna untuk ruang belajar dari sekolah – sekolah yang ingin melakukan aktivitas belajar mengajar dengan konsep alam terbuka. Meskipun dipergunakan untuk ruang belajar, namun panggung tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan pentas seni, foto prewedding, hingga acara pernikahan pun dapat dilakukan di panggung terbuka tersebut. Panggung yang terbuat dari kayu ini terbilang cukup unik pasalnya banyak deretan bangku penonton di depannya yang bertingkat sehingga mampu menarik perhatian para pengunjung yang  datang ke kawasan ini.

Keberadaan panggung di tengah – tengah rimbunnya hutan pinus yang menjulang tinggi menambah suasana sekitar lebih terlihat sejuk dengan pemandangan yang sulit kamu temukan di tempat lain. Tak hanya untuk dijadikan sebagai ruang belajar saja namun jika kamu mengadakan acara di area tersebut atau hanya untuk bersantai – santai saja bersama keluarga akan terasa menyenangkan. Untuk memasuki area panggung terbuka ini, para pengunjung dikenakan tarif yang cukup terjangkau yaitu Rp. 2.500 saja, namun apabila jika kamu ingin melakukan foto prewedding di area ini akan dikenakan tarif sebesar Rp. 75.000. Bagi yang ingin menggelar acara di area tersebut, pihak pengelola siap untuk menyediakan konsumsi lengkap dengan sound system. Untuk konsumsi makanan yang disediakan oleh pihak pengelola biasanya makanan tradisional seperti thiwul, kacang rebus, jagung rebus, dan ketela rebus.

Tak hanya panggung terbuka saja yang bisa kamu temukan di obyek wisata Hutan Pinus Mangunan namun kamu juga dapat menyewa hammock yaitu ayunan yang terbuat dari kain dengan tarif Rp. 10.000 per unitnya. Lokasi panggung terbuka berada di sisi seberang jalan dari kawasan hutan pinus yang lebih dulu digunakan sebagai obyek wisata.
Area hutan yang berada diatas perbukitan membuat pengunjung dapat menikmati angin yang bertiup sepoi – sepoi serta kesejukan Hutan Pinus Mangunan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.