Berburu Oleh – oleh Khas Pesisir Selatan di Festival Langkisau

Festival Langkisau yang diadakan pada tanggal 15 April hingga 22 April 2016 lalu, menghadirkan 115 stan yang menjual berbagai souvenir khas Pesisir Selatan. Tak hanya menjual berbagai souvenir khas Pesisir Selatan, namun festival tersebut juga mengadakan berbagai rangkaian acara wisata. Stan – stan nya berlokasi di Pantai Carocok sehingga beraneka ragam oleh – oleh khas daerah tersebut dapat dibeli.

Salah satu stan asal Painan menyediakan beraneka ragam pakaian yang berlukiskan pemandangan alam di Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak. Pakaian – pakaian tersebut dijual mulai dari harga Rp. 10.000 hingga Rp. 40.000 untuk sebuah kemeja pantai. Tak hanya pakaian dan kemeja saja yang dijual, namun juga ada beberapa kerajinan kulit kerang seperti tirai pintu dan bunga karang. Untuk harga tirai pintu dibanderol dengan harga Rp. 75.000 sedangkan bunga karang di banderol seharga Rp. 25.000. Namun siapa sangka jika kerajinan yang terbuat dari kulit kerang tersebut merupakan hasil dari ibu – ibu kelompok kerajinan Painan. Souvenir yang paling banyak diminati oleh para wisatawan adalah gelang – gelang yang terbuat dari karang dan bertuliskan Pantai Carocok Painan.

Hanya kerajinan tangan berupa tirai pintu dan bunga kerang yang diproduksi oleh ibu – ibu kelompok kerajinan Painan, sedangkan untuk souvenir berupa gantungan kunci masih harus membeli langsung di pabrik serta pakaian yang masih memesan langsung dari Kota Solo. Selain itu banyak juga stan-stan dari kecamatan yang ada hanya saat Festival Langkisau tersebut. Stan tersebut menyediakan kerajinan tradisional hingga penganan masing – masing daerahnya misalnya saja seperti Kecamatan Linggo Sari Baganti yang menawarkan Beras Ketan Hitam, hasil panen warga Nagari Pungkasan Timur yang dijual Rp 20.000 per dua kilogram dan gula aren atau enau Rp 10.000.

Ada yang menarik perhatian para pengunjung di stan tersebut yaitu Rendang Lokan atau biasa disebut Rendang Kerang. Rendang Lokan tersebut merupakan hasil buatan warga Nagari Air Haji Barat dan dibanderol seharga Rp. 10.000. Adapula yang menjual dodol kacang khas Sungai Seri dan buah Salak khas Silaut Satu, dan bisa Anda temukan di stan Koto Mandiri Lunang Silaut. Harga untuk dodol kacang pun cukup terjangkau yaitu Rp 15.000. Kecamatan Koto XI Tarusan menawarkan Batik Sulam Bayang dan Batik Tanah Liek khas Pesisir Selatan. Dinamakan batik tanah liek karena lilin yang digunakan pada batik tersebut terbuat dari tanah liat. Batik tanah liek tersebut terdapat dua macam pilihan yaitu berbahan dasar katun dan kain tenun berbahan dasar sutra. Untuk harga per potongnya seharga Rp 100.000 untuk yang berbahan dasar katun serta Rp 120.000 untuk kain tenun berbahan sutra atau ada juga paket kain yang dijual satu paket atasan dan bawahan dengan harga Rp 350.000. Setiap potongnya memiliki panjang yang sama yaitu dua meter persegi.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.