Selain Candi Borobudur, Ada Hutan Pinus Kragilan yang Wajib Untuk Dikunjungi

Berbicara mengenai destinasi wisata Magelang tak jauh dari salah satu obyek wisata yang sudah mendunia yang satu ini yaitu Candi Borobudur. Namun tahukah kamu selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki berbagai pesona wisata alam yang tak kalah indahnya dengan kota – kota lain di Indonesia yang wajib kamu kunjungi seperti Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam. Tak hanya dua destinasi tersebut yang hanya bisa kamu kunjungi namun ada juga destinasi alam yang patut kamu kunjungi ketika berkunjung ke Magelang yaitu Hutan Pinus Kragilan yang berlokasi di Kaponan, Pakis, Kabupaten Magelang.

Hutan Pinus Kragilan menawarkan wisata alam yang di dalamnya terdapat  banyak pohon pinus yang menjulang tinggi dan dapat membuat kamu betah untuk berlama – lama di kawasan ini. Berada di bawah kaki Gunung Merbabu memberikan suasana di kawasan ini sangat sejuk dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya karena dimanjakan dengan hijaunya hutan pinus dan segarnya udara. Apalagi jika siang hari menjelang, berada di tempat ini tak akan membuat kamu kepanasan dan sangat cocok untuk berteduh sekaligus sebagai lokasi untuk selfie karena disana terdapat banyak spot untuk melakukan selfie.

Hutan Pinus Kragilan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap seperti parkiran, toilet, hingga tempat sampah pun disediakan di kawasan tersebut. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tanpa menikmati berbagai macam wisata kuliner yang terdapat di lokasi tersebut. Nah, jika kamu sudah merasa lelah dan lapar maka bisa berkunjung ke kedai – kedai yang berada di kawasan hutan pinus tersebut. Terdapat gazebo yang ada di samping lapaknya untuk menikmati santapan sambil duduk. Para penjualnya pun cukup ramah dan melayani pembeli yang datang dengan baik. Namun ada yang unik di beberapa tulisan yang tertempel di pohon pinus dan menyita perhatian para pengunjung yang datang yaitu tulisan – tulisan yang terbuat dari papan kayu dan warna hijau sebagai warna dasarnya.

Jika kamu ingin berkunjung ke obyek wisata ini maka bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju daerah Kopeng lalu menuju Gardu Pandang Ketep. Namun jika kamu datang dari arah Semarang maka bisa belok kiri dan belok kanan jika datang dari arah Jogja ataupun Magelang. Untuk tarifnya pun cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 5 ribu untuk mobil. Tarif tersebut sudah termasuk biaya parkir di lokasi hutan pinus.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.