Situs Iklan Baris IklanLinimemuat...

Lima Gunung di Indonesia yang Cocok Didaki Oleh Pendaki Pemula

Eloknya panorama golden sunrise dan lautan awan di bawah kaki memang menarik hati siapa saja. Tentunya yang pernah mendaki akan merasakan  bagaimana keindahannya dan pastinya ada keinginan untuk kembali lagi. Sementara untuk mereka yang belum pernah mendaki pun jadi tergoda untuk mencoba menapaki puncak – puncak gunung. Jangan dulu terburu nafsu untuk langsung menjamahi gunung – gunung yang tinggi dengan tingkat kesulitan yang bisa membahayakanmu. Alih – alih, jajal dulu gunung – gunung yang medannya cukup ramah buat pendaki pemula.

Nah, berikut ada lima pegunungan dengan ketinggian yang cocok untuk dicoba oleh para pendaki pemula. Diantaranya adalah:

1. Gunung Penanggungan

Gunung Panunggangan merupakan salah satu gunung api yang sedang istirahat yang letaknya berada di dua kabupaten yaitu  Pasuruan dan Mojokerto. Bahkan Gunung Panunggangan sering disebut sebagai miniatur Semeru karena jika dilihat kondisi puncaknya sangat tandus, mirip Semeru. Ketinggiannya mencapai 1.636 mdpl dan di puncaknya terdapat bebatuan cadas dan jarang ditumbuhi oleh pepohonan. Untuk mencapai puncak, membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Sesampainya di puncak maka akan melihat lautan awan layaknya seperti pemandangan yang bisa dilihat para pendaki saat menuju Puncak Mahameru, Gunung Semeru.

2. Gunung Andong

Gunung Andong, gunung yang satu ini terbilang cukup ramah untuk pendaki pemula sebab tingginya yang tak sampai 2.000 mdpl. Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl, dan meskipun dibilang cukup pendek namun pemandangan yang ditawarkan tak kalah indahnya dengan gunung – gunung lainnya yang ada di Indonesia. Dari Gunung Andong, kamu bisa melihat Gunung Merbabu yang menjulang tinggi di depan mata, Gunung Merapi,Telomoyo dan si kembar Sumbing Sindoro dari kejauhan. Gunung Andong menjadi gunung favorit bagi pendaki pemula dan para pendaki dari kota Solo dan Yogyakarta karena tidak terlalu tinggi, jadi tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai di puncak. Gunung Andong ini sendiri memiliki empat puncak, yaitu Puncak Makam, dimana terdapat sebuah makam diatasnya, Puncak Jiwa yang merupakan tempat camping ground, Puncak Alap – Alap dan yang terakhir adalah Auncak Andong yang merupakan puncak tertinggi.

3. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2050 Mdpl. Gunung ini sangat cocok bagi para pendaki pemula yang ingin mengenal lebih jauh mengenai dunia pendakian gunung. Gunung yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang ini memiliki satu jalur utama melalui Basecamp Mawar. Pendakian di Gunung Ungaran sendiri memakan waktu kurang lebih 3-5 jam, tergantung kecepatan kita dalam berjalan, trek pendakiannya juga cukup ringan dan sangat cocok sebagai pemanasan sebelum mulai mendaki gunung yang lebih tinggi seperti Merbabu dan Merapi. Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Ungaran adalah saat malam hari, terutama bagi pendaki pemula agar tidak menyerah setelah melihat jalur bebatuan di Gunung Ungaran.

4. Gunung Prau

Gunung Prau yang memiliki sebutan dengan Gunung Seribu Bukit ini menawarkan keindahan  alam yang tak kalah indahnya dengan gunung – gunung lainnya yang lebih terkenal dengan pendaki Indonesia. Memiliki ketinggian 2.565 mdpl sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin mendaki gunung namun takut dengan medan atau trek perjalanan yang melelahkan. Gunung Prau ini terletak di Dataran Tinggi Dieng yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Gunung Prau ini bisa melewati beberapa jalur alternatif pendakian.

Jalur pertama yaitu melewati jalur utara dengan melalui Kabupaten Kendal dan Kedua bisa menggunakan Jalur Selatan yaitu dengan melewati Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Keindahan yang ditawarkan pun sangat mempesona, jauh mata memandang kamu akan melihat keindahan puncak gunung yang dikelilingi dengan awan dan kabut sehingga seolah – olah kamu berdiri di negeri atas awan. Memiliki trek yang datar dan medan yang tidak terlalu ekstrim maka obyek wisata ini sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali mendaki gunung.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.622 meter di atas permukaan laut (mdpl) bisa menjadi salah satu pilihan tempat pendakian. Pendaki dari Jawa Barat dan Jakarta bisa mengunjunginya pada akhir pekan mengingat jalur pendakian yang tak terlalu panjang dan tak memakan waktu yang lama.

Share this:

Leave a comment