Yuk Ikutan Festival Manami di Manado

Indonesia memang sangat kaya sekali dengan berbagai kebudayaan yang ada di daerah ini, oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita menyebut sebagai negara yang sangat beragam. Kita bisa menemukan juga banyak sekali festival yang sering diadakan oleh beberapa daerah demi melestarikan kebudayaan dan juga untuk meningkatkan wisata yang ada di kawasan tersebut. Oleh karena itu kita patut bangga menjadi warga Indonesia karena kita bisa menemukan berbagai hal berbeda dari daerah kita di setiap daerah.

Daerah Sulawesi merupakan salah satu daerah yang juga memiliki banyak sekali kebudayaan dan juga memiliki keunikan sendiri pada budayanya. Selain itu pulau ini juga memiliki banyak etnis suku yang hampir semuanya berbeda kebudayaan dan juga tradisi yang ada pada suku tersebut. Jadi jangan sampai kita ketinggalan dengan kebudayaan yang ada pada sebuah daerah.

Festival Manami

Salah satu festival yang ada di Pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Manado adalah Festival Manami yang sangat dipercaya oleh seluruh warga sekitar yang ada di kawasan tersebut. Festival ini pastinya melibatkan banyak orang dan juga bisa melibatkan wisatawan yang sedang berkunjung ke Manado. Untuk Anda wisatawan yang tidak ingin melewatkan festival ini sebaiknya datang ke Manado pada saat 21 Mei dimana festival ini selalu diadakan pada bulan ini.

Banyak orang yang bertanya dimanakah festival ini diadakan, festival ini diadakan di sebuah pulau terluar yang ada di Indonesia yaitu Pulau Miangas yang berada paling luar dan juga berbatasan langsung dengan Filipina. Pulau ini berada di Kabupaten Talaud, Manado. Pada saat bulan Mei banyak sekali wisatawan dan juga warga lokal yang datang ke kawasan pulau ini.

Setiap tahunnya festival ini juga berpindah – pindah lokasinya bergantung dengan keputusan yang diberikan oleh pemerintah. Proses dari festival ini juga menarik banyak orang untuk hadir ke festival ini dimana sebelum bisa menangkap ikan ini, para tertua adat akan memanggil ikan ini pada saat air laut berada di puncak surut terendah yang ada di kawasan pantai.

Jika pada ikan sudah berkumpul, beberapa orang akan memasangkan tali hutan dan juga akan memasangkan janur kelapa dimana akan membuat kita mudah dalam menghalau ikan. Setelah ikan terkumpul, orang yang dipersilahkan pertama kali menangkap adalah tamu kehormatan. Pada festival selanjutnya juga Mentri perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dijadwalkan akan turut hadir pada festival ini. Menurut warga sekitar, mereka sangat percaya bahwa ikan ini datang setelah dipanggil oleh pemangku adat.

Cara mudah ke Miangas

Bagi Anda yang memiliki rencana menghadiri festival ini tidak perlu ragu karena sudah ada beberapa cara menuju ke pulau terluar ini. Pertama kita bisa menaiki pesawat menuju ke Manado, jika sudah sampai segeralah cari juga penerbangan yang akan menuju ke Melonguane yang merupakan bandara yang ada di Talaud. Jika sudah nantinya akan disediakan sebuah kapal yang khusus akan mengangkut mereka yang akan pergi ke Miangas.

Jika akan menghadiri festival ini ada baiknya memilih tanggal keberangkatan yang tepat dan juga memilih penginapan yang tepat. Bagi wisatawan yang memiliki waktu lebih juga bisa melakukan perjalanan mengelilingi Kota Manado dan juga untuk sejenak berlibur di Talaud yang sangat indah sekali alamnya dan sangat patut sekali untuk kita jadikan destinasi wisata alam yang menyenangkan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.