Apakah Suku Baduy Bisa Mengenal Teknologi?

Kita yang mengetahui mengenai ciri khas suku Baduy yang tidak bisa mengenal teknologi mungkin akan sangat bingung ketika membaca judul ini karena memang suku ini sangat jauh sekali dengan kata teknologi. Akan tetapi pada dasarnya suku ini perlahan sudah mulai mengalami perubahan dan juga sudah semakin berkembang pastinya. Hal ini juga yang perlahan harus bisa diterima oleh suku tersebut karena memang teknologi memang sangat berkembang dan juga harus bisa diikuti.

Penjelasan Suku Baduy

Banyak orang yang belum tahu persis mengenai suku Baduy yang memang akan sangat membantu sekali. Biasanya memang suku ini akan sangat memiliki beberapa peraturan yang memang harus dipatuhi oleh semua anggota suku ini. Berikut ini adalah peraturan yang ada di suku ini antara lain:

1. Sebagian dari anggota suku Baduy masih belum bisa menggunakan teknologi karena belum diperbolehkan oleh tradisi mereka.
2. Diharuskan memiliki pintu rumah yang menghadap ke selatan/utara ini sangat wajib kecuali untuk kepala adat.
3. Menggunakan pakaian berupa warna putih yang merupakan kain tenun asli yang harus digunakan oleh beberapa orang tertentu. Sementara itu menggunakan penutup kepala yang dibedakan antara suku Baduy dalam dan luar.

Suku Baduy Dalam dan Luar

Memang belum banyak orang yang tahu bahwa Suku Baduy ini sebenarnya dipisahkan menjadi dua. Untuk suku Baduy luar merupakan mereka yang sudah keluar dari wilayah Baduy dalam dan juga membangun rumah sendiri di kawasan Baduy luar. Selain itu peradaban mereka lebih terbuka pada dunia luar karena mereka sudah mendapatkan sedikit edukasi. Selain itu suku ini juga sudah mulai mengenal tulisan dan juga sudah mulai mengenal angka.

Jika kita melihat suku ini memang kita akan bingung kenapa mereka sangat jauh sekali dari peradaban dan bahkan tidak mau untuk diliput. Mereka memang unik dan juga berbeda dengan suku yang lainnya yang ada di Indonesia. Oleh karena itu banyak sekali media yang ingin melakukan peliputan mengenai suku ini.

Suku Baduy Mengenal Teknologi

Baru – baru ini memang cukup menghebohkan karena sudah ada Suku Baduy yang mengenal teknologi. Hal ini diungkapkan oleh seorang Arkeolog, Imam Prasojo. Jadi pada saat itu ia menerima telepon dari salah seorang suku Baduy yang hendak membuat KTP. Ia mengatakan bahwa seorang suku Baduy tersebut ada di Bundaran Hotel Indonesia dan ingin bertemu Jokowi untuk membuat KTP. Sampai pada akhirnya ia bertemu dengan menteri agama.

Gerakan rayakan perbedaan Baduy Kembali

Beberapa waktu ini sempat diadakan seperti sebuah pameran sederhana di Bentara Budaya Jakarta yang berisi mengenai segala hal yang ada tentang suku Baduy. Bahkan pada kesempatan ini juga diadakan beberapa sesi tanya jawab dengan beberapa tokoh terkenal dari arkeologi, dari peneliti dan juga dari suku Baduy itu sendiri. Mereka banyak sekali menjelaskan mengenai perbedaan suku Baduy yang ada dahulu dan yang ada sekarang ini.

Pada pameran ini juga ditampilkan beberapa peragaan busana dimana menggunakan kain – kain tenun asli dari Baduy, selain itu ada juga pagelaran budaya musik khas Baduy dan yang terakhir adalah adanya beberapa Karya Visual yang menampilkan segala benda yang biasanya digunakan oleh suku Baduy. Ini memang akan sangat membangun kembali mengenai suku Baduy yang tidak banyak diketahui orang mengenai keunikan dan juga segala hal yang biasa dikerjakan mereka.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.