Terdapat Keunikan Tersendiri di Kebun Raya Eka Karya Bali, Apa Saja?

Selama ini Kita mengenal Pulau Bali sebagai destinasi wisata pantai yang indah dan juga memukau, namun apakah hanya pantai indah yang disuguhkan? Menelisik lebih dalam pesona apa saja yang disuguhkan Pulau Dewata membuat Kita berkenalan dengan banyak jenis wisata. Pulau Bali yang memang populer dari keberadaan pantai cantiknya, ternyata juga menyediakan pilihan jenis wisata lain. Disini Kita bahkan bisa memanjakan mata dengan pemandangan indah dari sebuah taman wisata seperti yang dimiliki Bogor dengan Kebun Raya-nya.

Pesona Taman Wisata di Pulau Dewata

Bagi yang berencana untuk berkunjung ke Pulau Dewata dan merasa perlu mencari selingan diantara kunjungan pantai satu ke pantai lainnya. Maka mampir ke Taman wisata seperti Kebun Raya Eka Karya Bali bisa dijadikan sebagai pilihan. Pulau Bali memang salah satu pulau kecil di tanah air diantara 17 ribu lebih pulau kecil lainnya. Pesona pulau indah ini ternyata bisa memanjakan wisatawan yang datang meskipun memiliki luas yang masih kalah jauh dengan pulau besar di tanah air.

Ada keragaman budaya dan juga keramahan penduduk Bali yang selalu mempesona wisatawan untuk kembali lagi. Hampir setiap tahun ada saja pengunjung yang datang singgah kembali ke Bali, sehingga memerlukan tempat kunjungan baru. Ada beberapa destinasi wisata di Bali yang hingga saat ini masih dalam masa pengembangan dan belum resmi dibuka. Kehadiran tempat dengan suasana dan atraksi baru diharapkan mampu memanjakan wisatawan, baik lokal maupun turis asing.

Bagi siapa saja yang datang ke Bali untuk menyantap keindahan alam maka datang ke Kebun Raya Eka Karya Bali adalah pilihan tepat. Masuk ke kawasan taman wisata ini Kita akan dihibur oleh kicauan burung yang sangat khas. Keindahan suasana di dalamnya yang sejuk oleh rindangnya dedaunan hijau dari berbagai pohon dan tanaman. Akan membuat kunjungan terasa berdiri diantara satu surga ke surga lainnya, dan layak untuk dicoba. Obyek wisata satu ini bisa disambangi di Desa Candikuning, tepatnya di Kabupaten Tabanan, Bali.

Taman wisata ini menyediakan iklim yang bersih dan sejuk sebab berada di ketinggian 1.250 sampai 1.400 mdpl. Kesejukan akan terasa karena berada di daerah yang cukup tinggi sehingga menawarkan suhu diantara angka 18-20 derajat celcius. Mencapai obyek wisata berupa taman hijau ini perlu menempuh perjalanan berjarak 60 kilometer dari Kota Denpasar. Keberadaan taman wisata indah ini sebenarnya sudah cukup lama, sebab pertama kali diresmikan pada tahun 1959, tepatnya di tanggal 15 Juli.

Luasnya sekitar 157 hectare dan ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman dan satwa burung yang menambah suasana asrinya. Namun sedikit berbeda dengan taman wisata di Bogor dan Cibodas, disini hanya menyajikan tanaman khas wilayah timur Indonesia. Tanaman wilayah timur inipun hanya dibatasi untuk jenis tanaman yang bisa hidup di dataran tinggi. Area taman dibagi menjadi dua wilayah, pertama adalah wilayah tematik yang menyajikan area taman yang tertata rapi. Disini pengunjung bisa menjumpai deretan bunga anggrek, kaktus, bamboo, dan lain sebagainya.

Kemudian yang kedua adalah wilayah tanaman adat, sehingga hanya berisi jenis tanaman yang digunakan untuk upacara adat agama Hindu Bali Yadya. Tumbuhan adat sendiri memiliki sekitar 580 tanaman, sehingga cukup banyak dan beragam. Beberapa merupakan tanaman Kayu Sakti atau Pohon Dadap, tumbuhan Begonia, dan lain sebagainya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.