Destinasi Wisata Pulau Bintan yang Mempesona

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beribu – ribu pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Maka tak heran jika di setiap pulau di Indonesia menyuguhkan destinasi wisata alam yang sangat mempesona tak terkecuali dengan pulau yang satu ini yaitu Pulau Bintan. Bintan merupakan sebuah pulau terbesar yang berada di gugusan Kepulauan Riau. Pulau Bintan cukup terkenal dengan resort mewahnya yang berada di tepi pantai. Bisa dikatakan keindahan alam yang dimiliki pulau ini tak kalah menariknya dengan Pulau Lombok dan Pulau Bali. Kini Bintan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara.

Nah untuk kamu yang berencana mengisi liburan kali ini dengan berkunjung ke Pulau Bintan, berikut ada beberapa lokasi wisata yang wajib banget untuk dikunjungi. Mau tahu dimana saja? Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Gurun Pasir Busung

Kini Gurun Pasir Busung mendadak hits di media sosial terutama di kalangan anak – anak muda Kepulauan Riau. Awal mulanya Bukit Pasir Busung ini merupakan sebuah kawasan bekas penambangan bauksit yang aktif  namun akhirnya tambang pasir tersebut dihentikan oleh warga setempat. Lalu kemudian kawasan tersebut tidak digunakan dan dibiarkan begitu saja sehingga akhirnya terbentuk menjadi gundukan – gundukan yang menarik seperti gurun pasir. Untuk yang ingin ke lokasi ini bisa berkunjung ke Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Karena lokasinya yang berada di tepi jalan sehingga tidak sulit untuk ditemukan.

2. Danau Biru Kawal

Danau Biru adalah salah sebutan untuk sebuah tempat yang lokasinya berada di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Danau ini dulunya merupakan sebuah galian tambang pasir yang dilakukan oleh segelintir orang. Danau ini menampilkan genangan air yang berwarna biru layaknya Danau Kaolin di Bangka atau bahkan seperti Blue Lagoon di Iceland. Danau Biru ini bisa traveler jumpai dengan berkendara dari Tajungpinang selama kurang lebih 20-30 menit. Ada dua rute yang bisa diambil pertama lewat jalur menuju Pantai Trikora dan yang kedua mengambil jalan menuju arah Kijang/Bandara. Tidak perlu membayar tiket masuk ke tempat ini sebab Danau Biru Bintan bukan tempat wisata komersil melainkan area tambang pasir yang hingga kini masih aktif.

3. Bukit Panglong Kijang

Bukit Panglong dikenal sebagai salah satu bukit yang cukup tinggi. Karena potensinya yang besar dalam menyimpan batuan granit, bukit ini pun dijadikan area tambang. Dalam kurun waktu yang lama bukit tersebut dibom untuk ditambang batu dan pasirnya hingga menyisakan kawah sedalam 50 meter yang lambat laun terisi air dan menjadi danau berwarna biru yang menawan. Pemkab setempat bahkan telah berencana untuk mengembangkan kawasan ini sebagai sumber air bersih sekaligus tujuan rekreasi.

4. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi merupakan salah satu objek wisata kebangsaan Pemerintah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Objek Wisata Berkelas Dunia ini memiliki pemandangan alam yang indah dan kondisi lingkungan yang bersih. Pohon kelapa yang berjajar rapi di sepanjang tepian pantai juga menjadi salah satu daya tarik kawasan wisata pantai ini. Keberadaan Objek wisata Pantai Lagoi didukung pula dengan keindahan alam lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Sungai Sebong, Hutan Mangrove, dan berbagai macam resort. Saat mengunjungi Pantai Lagoi, Sobat dapat menyaksikan deburan ombak sambil mandi, berenang, berendam, atau menyelam menyelusuri keindahan dalam laut. Setelah pusat menikmati aktivitas di dalam air, Sobat dapat berjemur diatas hamparan pasir putihnya sembari menikmati hangatnya sinar matahari.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.