Aneka Ragam Kuliner yang Menjadi Buruan Wisatawan Saat Berkunjung ke Kota Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta memang cukup terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang mempesona dan kuliner khas nya yang lezat. Berbicara kuliner khas Jogja tak lepas dari buruan para pemburu makanan nikmat di daerah Jogja. Tak heran jika banyak rumah makan atau warung yang bisa dijadikan sebagai tujuan favorit untuk berwisata kuliner. Berbagai menu disajikan mulai dari hidangan nasi dengan berbagai pilihan lauknya seperti gudeg atau ayam, hingga sajian mie yang mengenyangkan. Nah, berikut ada beberapa lokasi wisata kuliner di Kota Jogja yang tak boleh dilewatkan. Mau tahu dimana saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Mie Yammie Pathuk

Nama Mie Yammie Pathuk mungkin sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Jogja, bisa di bilang mie yammie ini salah satu mie legendaris yang ada di Kota Jogja. Lokasinya berada di Jalan Kemetiran Kidul No. 63, Yogyakarta. Menu yang disajikan beragam mulai dari mie yammie ayam, pangsit goreng, pangsit basah, dan bakso goreng. Harga yang di tawarkan pun cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 14 ribu per porsinya dan Rp 4 ribu untuk per butir bakso gorengnya. Meskipun harga yang ditawarkan cukup murah, namun kamu tak perlu khawatir karena rasa yang diberikan sangat berkualitas. Tekstur mie nya yang kenyal, potongan daging ayamnya yang gurih, pangsit basahnya yang lembut, dan kuah kaldunya yang suegerrr banget dijamin bikin kamu ketagihan saat pertama kali mencobanya.

 

2. Nasi Rames Demangan

Di Demangan ada salah satu spot kuliner khas Jogja yang wajib untuk kamu coba yaitu Nasi Rames Demangan. Lokasinya berada di Jalan Gejayan tepatnya di depan toko tekstil prima atau di depan Apotik Ardi Farma. Kedai ini buka mulai pukul 9 malam hingga pukul 4 dini hari. Pilihan menu yang ditawarkan pun berbagai macam mulai dari sayur bercitarasa pedas yang disuguhkan bersama lauk pauk yang melimpah di antaranya telur, ayam, tempe, bakwan, tahu, dan masih banyak lagi. Patut dapat perhatian khusus jika warung kaki lima ini tersohor dengan nasi campur pedasnya.

3. Rumah Makan Bali Putra

Menjelajahi kuliner Bali gak harus jauh – jauh sampai ke Bali, ternyata di Jogja pun juga ada. Salah satunya adalah Warung Makan Khas Bali Putra yang letaknya ada di Jalan Namburan Kidul No. 10 dekat Kraton Jogja. Tempatnya sederhana dan cocok untuk tempat sarapan di pagi hari. Salah satu yang terkenal enaknya di warung satu ini adalah Nasi Jinggo dimana isinya ada oseng – oseng kacang, serundeng, sambal ayam, dan bakmi. Untuk sate lilitnya itu daging ayamnya tersa gurih dan sedikit pedas.

 

4. Bakso Tusuk Bu Sainah

Siapa yang tak suka dengan kuliner bakso?  sepertinya hampir semua orang menyukai kuliner berbentuk bulat ini. Nah, berbeda dengan bakso yang biasanya di lengkapi dengan mie dan kuah, bakso tusuk merupakan salah satu jajanan yang jadi favorit banyak orang. Bakso jenis ini pun kerap disuguhi dengan berbagai varian. Ada yang basah seperti biasanya, dan ada pula yang dibakar dengan tambahan saus istimewa. Nah, salah satu bakso tusuk yang melegenda di Yogyakarta adalah bakso tusuk Bu Sainah. Bakso tusuk Bu Sainah ini berbeda dengan bakso tusuk yang biasa dijajakan penjual. Bakso tusuk ini memiliki varian andalan, yakni bakso gorengnya yang banyak diminati pelanggan. Rasanya yang empuk dan garing sekaligus, tentu berbeda dengan rasa bakso daging yang digoreng.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.