Destinasi Wisata Pantai di Selatan Jawa Tengah

Pantai merupakan salah satu pemandangan terfavorit di Indonesia karena selain menyuguhkan keindahan alam yang mempesona, pantai juga bisa dijadikan sebagai salah satu tempat untuk menenangkan diri sambil menikmati deburan ombak dan angin sepoi – sepoi. Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan pantai sebagai lokasi berjemur supaya kulit menjadi kecokelatan. Indonesia merupakan negara yang memiliki obyek wisata alam berupa pantai yang paling indah maka tak heran jika di setiap daerah terdapat pantai – pantai yang dijadikan sebagai tujuan wisata seperti salah satunya yaitu Pantai Ayah yang ada di Kebumen, Jawa Tengah.

Meskipun tak setenar dengan pantai lainnya yang ada di Indonesia, namun keindahan alam pantai yang satu ini tak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Indonesia.

Pantai Ayah atau lebih dikenal dengan Pantai Logending merupakan salah satu obyek wisata pantai yang berada di daerah Kebumen, Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu di Pantai Ayah ini juga terdapat Hutan Logending sebagai perpaduan wisata bahari dari Pantai Ayah. Hamparan pasir putih yang luas dan landai dengan genangan air yang jernih membuat pemandangan di pantai Ayah semakin menawan apalagi ditambah dengan udara nya yang sejuk dan pemandangan alam pantai yang dapat menyegarkan mata. Disana juga terdapat sebuah gua yang bisa kamu kunjungi yaitu Gua Jatijajar yang berjarak 8 Km dari Pantai Ayah.

Setelah puas mengelilingi Pantai Ayah, kamu bisa berkunjung ke obyek wisata lainnya yang ada di kawasan pantai tersebut yaitu Hutan Logending. Kamu bisa berkunjung ke Hutan Logending ini dan melihat berbagai tanaman lokal yang langka seperti Kayu Mahoni Afrika. Selain sebagai tempat untuk tujuan berwisata, kawasan hutan tersebut juga dijadikan sebagai tempat untuk penelitian tanaman langka dan pengembangan mahoni Afrika. Jika malas memasuki hutan maka kamu bisa menggunakan perahu nelayan menuju Muara Ayah Bodo yang dimana Sunga Bodo ini memisahkan wilayah Kabupaten Kebumen dengan Cilacap. Di sepanjang sungai tersebut, kamu akan disuguhkan dengan pohon payau di tepi sungai dan berbagai macam properti Perum Perhutani yang tampak rapi dan hijau.

Pantai Ayah atau Pantai Logending ini merupakan pantai yang berada di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah atau sekitar 53 Km dari pusat Kota Kebumen. Untuk bisa mencapai obyek wisata Pantai Ayah ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi maka jarak dari pusat Kota Kebumen ke lokasi Pantai Ayah sekitar 20 km. Namun jika menggunakan angkutan umum, perjalanan bisa kamu mulai dari Terminal Kebumen. Nah, dari terminal tersebut banyak bus yang melewati obyek wisata Pantai Ayah dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam.

Terdapat berbagai fasilitas yang disediakan di kawasan Pantai Ayah seperti tempat untuk berkemah, tempat bersantai, area parkir yang cukup luas, musholla, penginapan, sarana permainan anak, warung – warung makan, dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket masuknya terbilang cukup murah yaitu sebesar Rp. 4 ribu untuk dewasa dan Rp. 2 ribu untuk anak usia 5 tahun kebawah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.