Destinasi Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner di Gunungkidul

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata unggulan untuk menghabiskan waktu liburan. Berkunjung ke Yogyakarta tentunya sudah tak asing lagi dengan kawasan wisata Gunungkidul. Gunungkidul ini merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sangat terkenal dengan obyek wisata pantainya yang sangat mempesona. Ada banyak sekali pantai – pantai indah di Gunungkidul yang cocok dijadikan sebagai lokasi berlibur. Selain itu, obyek wisata alam lainnya seperti goa, perbukitan, sungai dan lain sebagainya bisa kamu temukan di Gunungkidul.

Pantai

Pantai Krakal

Tak hanya Pantai Parangtritis saja yang terkenal di Yogyakarta namun di Gunungkidul juga terdapat beberapa pantai indah yang wajib untuk dikunjungi. Bahkan ada beberapa pantai di Gunungkidul yang masih terbilang sepi dan alami. Banyak yang menjadikan pantai – pantai di Gunungkidul sebagai destinasi wisata liburan untuk mengusir penat. Ada puluhan pantai di Gunungkidul dan hampir semuanya memiliki pasir putih serta air laut yang masih bersih misalnya seperti Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Indrayanti, dan masih banyak lagi lainnya. Istimewanya lagi, pantai – pantai di Gunungkidul terdapat berbagai pilihan spot dan suasana mulai dari pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan hingga private beach untuk kamu menginginkan suasana damai.

Caving

Goa Pindul

Nah, untuk kamu yang suka dengan destinasi wisata yang dapat memacu adrenalin kamu maka kamu bisa mencoba sensasi caving dan main air di Gunungkidul. Lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan caving adalah Goa Pindul dan Kalisuci. Cave tubing adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dalam gua bawah tanah dengan menaiki ban dalam yang besar.

Walang Goreng

Gunungkidul punya kuliner eksotis yaitu belalang goreng atau masyarakat sekitar menyebutnya “Walang Goreng”. Belalang goreng ini merupakan jenis belalang kayu. Hidupnya di balik-balik kayu jati dan semak belukar rerimbunan pohon. Makanan khas ini telah ada sejak zaman dahulu, seiring dengan makanan khas lainnya di Gunungkidul, seperti tiwul. Belalang goreng memiliki dua varian rasa¬†yaitu rasa original dan rasa manis pedas.

Souvenir

Kalau Bali punya Jogger, Jogja punya Dagadu, Gunungkidul punya GundoelHandayani. Selain desainnya yang keren, harganya juga nggak bikin kantong kering kok!

Masyarakat

Salah satu kunci kepariwisataan adalah keramahan masyarakatnya. Sama hal nya seperti Kota Jogja yang terkenal dengan masyarakat nya yang ramah terhadap turis, Gunungkidul pun sama. Namun jika tak percaya maka kamu bisa coba mampir ke warung – warung makan atau wedangan di sana yang dijamin bakal dapat obrolan hangat dari masyarakat sekitar.

Jika berlibur ke Gunungkidul disarankan untuk menginap ya karena banyak destinasi wisata malam yang bikin kamu betah untuk berlama – lama liburan di Gunungkidul. Kalau tidak mau mencari hotel untuk penginapan maka kamu bisa menyewa tenda yang ada di pinggir – pinggir pantai. Dan terakhir, jangan lupa ajak temen seru karena liburan sendirian bakalan membosankan ya?

Share this:

Leave a comment