Pantai Baron, Destinasi Wisata Baru di Gunungkidul dengan Menawarkan Keindahan Alam yang Eksotis

Berbicara destinasi wisata yang berada di kawasan Gunungkidul memang tak akan pernah ada habisnya. Di Kabupaten tersebut terdapat berbagai keindahan alam yang sangat mempesona dan sayang sekali untuk dilewati, salah satunya adalah destinasi wisata pantainya. Mengingat posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat kawasan Gunungkidul memiliki banyak pantai dengan berbagai macam karakteristik, keindahan serta keunikan masing – masing. Dari sekian banyak obyek wisata pantai yang ada di kawasan Gunungkidul, salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah Pantai Baron. Pantai Baron ini lokasinya berada di Dusun Bolang, Girikarto Panggang, Gunungkidul.

Sama seperti pantai lainnya yang ada di kawasan Gunungkidul, Pantai Baron juga memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Pantai ini terbilang baru karena baru dibuka pada tahun 2016 lalu. Meskipun pantai ini terbilang baru, namun wisatawan yang berkunjung ke pantai ini cukup banyak apalagi jika hari libur tiba. Beberapa fasilitas pun bisa kamu temukan di sekitar kawasan pantai seperti sejumlah rest area dan lapak kuliner. Disana kamu juga melihat keindahan batuan karang serta deburan ombak dari ketinggian. Saat sore hari tiba, kamu bisa menikmati eksotisnya sunset yang mulai menguning menembus celah – celah dahan pohon cemara laut yang berada di pinggir – pinggir tebing batuan karang.

Dari atas bukit batu karang, para wisatawan yang berkunjung dapat menikmati suasana alam sekitar yang masih sangat alami. Ekosistem di sekitar bebatuan karang pun terbilang masih sangat alami sehingga burung – burung camar masih bisa kamu jumpai ketika berkunjung ke Pantai Baron ini. Suara deburan ombak dan angin yang sepoi – sepoi bisa kamu rasakan di Pantai Baron ini. Untuk menuju ke pinggiran batuan karang, wisatawan bisa menggunakan anak tangga yang sudah dibuat oleh warga sekitar dengan menggunakan ban – ban bekas yang diisi dengan tanah. Semua keeksotisan dan keindahan alam di Pantai Baron bisa kamu nikmati dari sebuah gazebo yang berada di pinggir Pantai Baron.

Pantai Baron ini merupakan sebuah pantai nelayan yang dimana menjadi tempat keluar masuk dan bersandarnya kapal – kapal penangkap ikan. Namun karena memiliki keindahan alam yang mempesona berupa hamparan pasir yang landai, putih dan bersih berpadu dengan tebing – tebing megah dipinggirnya membuat pantai ini kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di akhir pekan. Untuk biaya masuk nya pun masih terbilang cukup terjangkau yaitu hanya sebesar Rp. 2 ribu saja ditambah dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 3 ribu untuk roda dua dan Rp. 5 ribu untuk roda empat.

Rute untuk menuju Pantai Baron ini, wisatawan bisa melalui Jalan Imogiri Timur dan jalan terus mengikuti jalan menanjak dan berkelok hingga menuju daerah Panggang. Sesampainya di kantor Kecamatan Panggang lalu belok kiri menuju ke arah Perempatan Legundi kemudian lurus terus hingga ada pertigaan kecil yang terdapat pohon besar di tengah, lantas belok ke kiri. Ikuti jalan utama beraspal kurang lebih 5 Kilometer, dengan papan petunjuk yang akan mengarahkan ke lokasi Pantai Baron.

Share this:

One comment, add yours.

paket wisata dieng

makasih buat in fo nya

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.