Curug Penuh dengan Mitos atau Fakta

Siapa yang tidak kenal dengan kawasan wisata curug yang memang menjadi salah satu daya tarik yang ada di Indonesia. Kita bisa menemukan banyak sekali curug yang ada di Indonesia dan juga bisa menjadi potensi wisata yang baik mengingat banyak sekali curug indah yang ada di Indonesia. Biasanya curug ini ditemukan di daerah pegunungan karena memang curug sangat lekat sekali hubungannya dengan pegunungan dimana sering menjadi sumber mata air.

Curug Cilember

Ini merupakan salah satu curug yang sangat terkenal sekali terutama bagi mereka yang ada di kawasan Jawa Barat karena lokasi curug ini memang ada di provinsi tersebut. Curug ini tepatnya berada di Kecamatan Megamendung yang pastinya akan menjadi salah satu pilihan bagi kita yang memang sedang berwisata di kawasan puncak. Curug ini terdiri dari 7 curug, namun curug nomor 7 merupakan curug yang mudah sekali untuk dijangkau.

Konon katanya Curug Cilember sendiri merupakan bekas tempat pemandian bagi para ratu yang ada di kerajaan Siliwangi pada jaman dahulu. Namun mitos ini juga masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. Ketika sedang berwisata ke Puncak tidak ada salahnya untuk datang dan berwisata ke kawasan curug ini.

Perjalanan menuju ke Curug 7 bisa dibilang cukup dekat karena berjarak kurang lebih 500 m dari pintu masuk menuju ke curug ini. Kita bisa mengikuti jalan setapak yang ada di kawasan ini dan juga di samping akan kita lihat beberapa pohon yang rindang. Jika sudah mendekati maka  kita akan mendengar suara gemericik air yang terasa semakin dekat.

Pada curug ke 7 ini juga terdapat papan informasi yang bisa kita baca karena terdapat informasi mengenai mitos yang ada dimana curug ini memang dipercaya bisa membuat mereka yang mandi di kawasan ini akan awet muda. Selain itu juga dikabarkan bisa mudah mendapatkan jodoh dan juga bisa mendapatkan kesehatan dan dijauhkan dari segala penyakit yang ada.

Mitos Enteng Jodoh

Banyak orang yang mengatakan bahwa jika datang ke curug ini pada malam Jumat Kliwon di Bulan Muharram dan Maulid lalu mandi di kawasan ini dipercaya bisa membuat kita enteng jodoh, awet muda dan juga pastinya bisa mendapatkan kekuatan. Menurut pedagang sekitar juga ia sering menemukan orang yang melakukan hal ini dan sangat percaya dengan adanya mitos ini.

Terlepas dari segala mitos tersebut memang masih bisa belum bisa dipercaya namun memang ini sudah menjadi sebuah tradisi yang bisa dibilang turun temurun. Mengenai keindahan curug sendiri menurut beberapa orang curug yang paling indah biasanya ada di nomor 5 dan 6 karena banyak di kunjungi wisatawan. Sayangnya untuk menuju ke sana cukup jauh dan biasanya juga membutuhkan penunjuk jalan.

Jika Anda memiliki kondisi fisik yang baik maka bisa membuat kita berada di kawasan ini dengan mudah karena kita bisa mendaki lagi untuk sampai ke curug nomor 5 dan 6. Kawasan wisata ini memang akan sangat ramai sekali dikunjungi terutama pada saat musim liburan di kawasan Puncak. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini kita akan dikenakan tiket masuk seharga 15 ribu dan untuk parkir mobil sebesar 10 ribu dan untuk parkir motor sebesar 5 ribu. Harga yang cukup terjangkau untuk wisata bersama dengan keluarga.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.