Cara Mudah Menuju Lombok Melalui Jalur Darat, Laut, dan Udara

Liburan akhir tahun sebentar lagi akan segera tiba, sudah ada rencana kemana liburan akhir tahun kali ini? Kalau belum ada ke Lombok aja yuk! Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini menyuguhkan sejumlah pesona wisata yang mempesona mulai dari pantai, pulau atau gili – gili, gunung, kawasan perbukitan, taman bawah laut, hingga wisata budaya yang bisa untuk kamu kunjungi. Maka dari itu rencanakan perjalanan liburan kamu mulai dari sekarang. Apalagi akses menuju Lombok terbilang tidak terlalu sulit karena bisa ditempuh melalui darat , laut, udara. Nah, untuk kamu yang ingin berlibur ke Lombok dengan budget seminim mungkin maka bisa perhatikan tips wisata ala bakcpacker berikut ini!

1. Via Darat dan Laut

Kata siapa menuju Lombok hanya bisa menggunakan jalur udara saja? Namun nyatanya bisa memilih jalur perjalanan via darat dan laut dengan budget yang minim namun konsekuensinya ada pada waktu yang digunakan yaitu lama. Butuh waktu sekitar dua hari untuk bisa sampai ke Pulau Lombok. Pertama – tama perjalanan bisa dimulai dengan menggunakan kereta api dari Kota Jakarta menuju Surabaya. Kereta Api yang digunakan adalah Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan dengan tarif Rp. 104 ribu. Setelah sampai di Stasiun Surabaya Gubeng, kamu bisa melanjutkan perjalanan kembali dengan menggunakan Kereta Api Probowangi  dengan jurusan Stasiun Surabaya Gubeng ke Stasiun Banyuwangi Baru dengan tarif Rp. 56 ribu.

Nah, dari Banyuwangi kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Terminal Ubung via jalur laut dari Pelabuhan Ketapang menuju Pulau Bali. Sesampainya di Terminal Ubung, perjalanan masih dilanjutkan kembali dengan menggunakan bus menuju Pelabuhan Padangbai. Setelah sampai Pelabuhan Padangbai, kamu masih harus menggunakan Kapal Ferry hingga ke Pelabuhan Lembar. Membutuhkan waktu sekitar empat hingga lima jam untuk sampai Lembar. Jika sudah sampai Lembar itu tandanya berarti kamu sudah sampai Lombok. Dari pelabuhan, kamu bisa melanjutkan perjalanan kembali dengan menggunakan Bus Damri ke Mataram atau kawasan Lombok lainnya yang ingin kamu singgahi.

2. Via Darat dan Udara

Jika ingin menggunakan jalur darat dan udara, pertama – tama kamu bisa menggunakan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan dari Kota Jakarta menuju Surabaya. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan taksi online menuju Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan pesawat ke Lombok dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 55 menit. Sesampainya kamu di Bandara Internasional Lombok, bisa melanjutkan perjalanan kembali menggunakan Bus Damri dengan tarif Rp. 30 ribu menuju Kota Mataram. Selama di Lombok, kamu bisa berkeliling dengan menggunakan motor atau mobil sewaan yang banyak terdapat di Mataram. Untuk tarifnya pun bervariasi, mulai dari Rp. 65 ribu hingga Rp. 150 ribu per hari atau selama 24 jam.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.