Jajanan Tradisional khas Kota Solo yang Bisa Ditemukan di Pasar Gedhe Harjonagoro

Surakarta atau lebih dikenal dengan Kota Solo merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang cocok dijadikan sebagai lokasi wisata. Tak hanya wisata sejarah dan budaya saja, tapi juga banyak lokasi wisata hiburan modern yang bisa kamu kunjungi. Namun yang paling menarik dari kota ini adalah wisata kulinernya yang khas dan enak – enak. Selain bisa disantap langsung saat liburan di Solo, beberapa jajanan pasar Solo juga pas untuk dijadikan oleh – oleh seperti salah satu nya adalah Lenjongan. 

Lenjongan merupakan salah satu jajanan tradisional khas Solo yang bisa kamu temukan di Pasar Gede Harjonagoro. Dalam satu porsi Lenjongan terdiri dari berbagai macam makanan seperti tiwul, ketan ireng, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, dan klepon. Semua makanan tersebut termasuk jajanan pasar yang bercitarasa manis yang tidak menggunakan pengawet dan pewarna buatan. Cara penyajiannya di taburi dengan kelapa parut. Jajanan tradisional tersebut dibanderol mulai dari Rp. 4 ribu per bungkusnya. Bisa dikatakan, jajanan tradisional ini adalah salah satu jajanan favorit masyarakat sekitar.

Tak hanya jajanan tradisional saja, namun kamu juga bisa menemukan kuliner lainnya yang dijajakan di Pasar Gedhe ini. Ada pecel ndeso dan cabuk rambak yang merupakan salah satu kuliner khas Solo yang disajikan dengan menggunakan selembar pincuk daun pisang. Isiannya berupa irisan ketupat kelapa yang dilengkapi dengan kerupuk beras atau karak. Untuk pecel ndeso menggunakan nasi dari beras merah yang diberi bermacam – macam sayuran rebus seperti tauge, daun pepaya, kenikir, daun bayam, kacang panjang, dan lain – lain layaknya kuliner pecel pada umumnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.