Cara Belajar Sejarah Paling Mengasyikkan Adalah dengan Wisata

Bagi anak-anak pelajaran sejarah menjadi sesuatu yang sangat membosankan, untuk apa pula mengingat hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu, mungkin itu yang terpikir di benak mereka, sehingga bukan hal yang baru lagi saat menemui banyak yang tertidur saat guru menjelaskan mengenai materi yang satu ini di dalam kelas. Nah apakah Anda juga mengalami hal tersebut?. Padahal tak menampik bahwa tanpa sejarah maka kita tak akan bisa hidup dalam keadaan modern seperti sekarang ini, sejarah merupakan masa lalu yang memiliki peranan penting dalam kehidupan saat ini, termasuk keberadaan berbagai teknologi yang membantu pekerjaan manusia.

Nah para orang tua sebenarnya memiliki peran yang sangat penting untuk membuat anak mereka, paling tidak sedikit menyukai pembahasan yang berbau dengan sejarah, tak harus teori secara langsung atau membacakan buku, melainkan langsung mengunjungi kawasan bernilai sejarah tersebut. Salah satu jenis wisata yang nyatanya cukup banyak diminati oleh masyarakat adalah jenis wisata sejarah, kamu berkesempatan untuk mengunjungi kawasan memang masih kental akan nilai tersebut biasanya akan ditunjang dengan berbagai jenis peninggalan.

Contohnya saja adalah materi mengenai perkembangan Hindu-Budha yang ada di Indonesia ada cukup banyak kawasan yang menunjang akan hal tersebut, diantaranya adalah candi-candi peninggalan dari zaman kerajaan, kebanyakan disini ada pada kawasan Jawa Tengah, Magelang contoh yang paling mudahnya, ada sebuah Candi terbesar yang diberi nama Borobudur. Nah untuk sejarah lainnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan baik misalnya ada sebuah tempat yang ada di Jakarta untuk kamu kunjungi, yaitu Museum Bank Indonesia.

Ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Jakarta. Dulunya lokasi yang satu ini memang bank asli, namun seorang dengan perkembangan zaman mulai banyak dibentuk tempat baru, tak begitu saja diruntuhkan bangunan tersebut kemudian digunakan sebagai sebuah museum, nah apa yang bisa kamu dapatkan di dalamnya bukan hanya melihat-lihat jenis peninggalannya melainkan juga cerita di balik itu semua, mereka mengoleksi ratusan mata uang dari berbagai negara bahkan mata uang yang pertama kali terbit di Indonesia hingga sekarang ini semuanya masih ada.

Tak hanya itu alat yang digunakan sebagai mesin pembuat uang juga ada disini. Tempat yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung, tak hanya pada saat liburan tiba saja, melainkan juga hari-hari biasa, akan lebih menyenangkan saat berkunjung bersama dengan anak Anda. Berada di kawasan kota tua perjalanan kamu tentunya tak berhenti disana saja, melainkan juga menyusuri kawasan yang ada di sekitarnya. Museum BI ini hanya sepenggal dari sejarah yang bisa kamu temukan dari Jakarta, kawasan lain termasuk diantaranya ikon dari kota tersebut yaitu Monas juga memiliki kisah yang menarik untuk disimak.

Kota tua dulunya adalah tempat yang paling menunjang keadaan ekonomi di Indonesia, khususnya pada saat masa penjajahan Belanda, kawasan ini dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan juga ekonomi dengan bangunan-bangunan yang menjulang tinggi. Namun sekarang yang akan kamu jumpai hanya bangunan tua yang sudah kalam dengan pencakar langit lainnya. namun hal yang paling tidak bisa dilupakan adalah cerita yang ada di balik kota tersebut.

Nah bagi yang bingung untuk menghabiskan waktu liburan kali ini kemana, Jakarta, khususnya kota tua bisa kamu jadikan sebagai pilihan, lumayan bukan selain mendapatkan pengalaman baru juga ada banyak nilai sejarah yang dapat Anda petik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.