Camilan yang Manis dan Gurih Dari Kota Medan

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat atau daerah tak membawa pulang buah tangan ketika kembali lagi kerumah. Nah, ada camilan yang bisa kamu bawa pulang ketika berkunjung ke kota tersebut yaitu Grissini dan Bagelan. Meskipun bukan makanan khas dari kota tersebut, tapi resep sendiri yang di racik oleh Ichwan Bakrie membuat camilan tersebut bisa dijadikan sebagai oleh – oleh dari Kota Medan. Camilan tersebut selain tahan lama dan bisa disimpan, rasanya pun enak dan renyah. Usaha tersebut merupakan usaha keluarga yang saat ini berada di bawah Yayasan Global Ichwan dan sudah berdiri selama 3 tahun. Gerai nya pun dapat dikunjungi di Jalan Komplek Johor Vista No  6, Medan Johor, Sumatera Utara. Selain di gerai, usaha tersebut juga membuka lapak di dalam mobil di beberapa titik misalnya di depan Masjid Al-Jihad yang berada di Jalan Abdullah Lubis atau di Lapangan Merdeka dan Lapangan Gaperta Sumatera Utara.

Gerai tersebut menawarkan roti Grissini yang merupakan roti yang berasal dari Italia dan kemudian di kreasikan kembali sesuai selera masyarakat Indonesia. Grissini yang dikreasikan adalah rasa original yang diberi sedikit rasa asin dan ada pula yang rasa keju. Untuk Bagelannya dibuat dengan rasa manis yang kuat di selai keringnya dan tidak akan menghilangkan rasa gurih dan renyahnya. Jadi pembeli bisa menikmati rasa khas kota Medan itu sendiri. Untuk harga oleh – oleh dari Medan ini cukup terjangkau yaitu Rp 20.000 untuk sekantung plastik Bagelan dan Rp 30.000 untuk sekantung Bagelan dengan rasa keju.

Sang pemilik bernama Mohammad Nur Kartanegara dengan sang anak yang bernama Toriq Kartanegara menjalankan usaha tersebut di bawah Yayasan Ichwan Global tersebut. Dengan menjalankan usaha sambil beramal, Mohammad Nur menjaga kebersihan proses pembuatan dan pembungkusan serta tidak menggunakan pengawet. “Jargon roti kami ada, Yaitu Niat yang Bersih Dibentuk oleh Makanan Halal, Baik dan Bersih,” kata Toriq yang sehari menjaga lapak di depan Mesjid Al-Jihad. Menurutnya, tahan sebulan itu karena pengelolaanya yang baik tapi tidak pakai pengawet. “Ichwan Bakrie mengedepankan kehigienisan dan kehalalannya, sehingga dijamin bersih dan halalnya. Kalau resep sendiri dibuat oleh ibu saya,” jelasnya.

Pengunjung yang berkunjung ke gerai tersebut pun sangat beragam yaitu mulai dari anak – anak hingga dewasa. Roti atau camilan tersebut sangat cocok dinikmati saat sarapan atau saat sedang santai dan berkumpul bersama keluarga. Salah seorang pembeli menuturkan jika ia sering membeli roti bagelan untuk dimakan bersama teh panas saat sarapan. Hal itu ia lakukan agar rasanya lebih lembut dan tambah enak. Selain ditemani teh panas, camilan tersebut juga bisa dinikmati langsung karena sangat renyah dan manisnya pun lebih terasa. Rotinya juga sangat direkomendasikan untuk oleh – oleh yang keluarga yang datang dari luar Medan karena tahan lama.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.