Pesona dan Fasilitas Bukit Tingtingon yang Menarik Disambangi

Danau Tondano menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Utara dan menjadi danau terluas di provinsi tersebut. Menikmati keindahan danau akan terasa lebih maksimal ketika berada di puncak Bukit Tingtingon. Bukit Tingtingon termasuk ke dalam obyek wisata baru sebab pertama kali dibuka untuk wisatawan umum pada 2015 kemarin. Sejak kali pertama dibuka, Bukit Tingtingon seolah tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan sehingga menjadi obyek wisata favorit di Rurukan, Sulawesi Utara.

Pemandangan Khas Bukit Tingtingon

Bukit Tingtingon terbilang cepat dalam meraih minat wisatawan untuk datang, magnet yang dimiliki terletak pada pemandangan alami yang disajikan. Berada di atas bukit indah ini para pengunjung akan dengan mudah melihat kemegahan Gunung Klabat. Lokasinya yang berdekatan dengan daerah pegunungan membuat hamparan lapangan hijau membentang memanjakan mata. Bagi siapa saja yang ingin menengok keindahan alam yang terjaga dengan baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Maka menyempatkan diri mendaki perbukitan di Rurukan ini menjadi pilihan yang sangat cerdas.

Pemandangan lainnya adalah penampakan Danau Tondano yang terlihat secara keseluruhan meskipun jaraknya tidak terlalu dekat. Danau Tondano sendiri menjadi obyek wisata yang populer di kalangan wisatawan Sulawesi Utara. Ketika memutuskan untuk berkunjung ke Bukit Tingtingon maka akan menikmati beberapa obyek wisata alam lain di daerah Rurukan. Lokasi bukit juga berdekatan dengan pemukiman, sebab tepat dibawanya perkampungan Rurukan dapat dilihat dengan sangat jelas.

Beberapa wisatawan mengungkapkan bahwa pemandangan di atas Bukit Tingtingon nyaris serupa dengan pemandangan di Bukit Temboan. Namun karena lebih tinggi maka ketika berada di atas Bukit Tintingon justru wisatawan bisa melihat keindahan Bukit Temboan. Maka menjadi tidak mengherankan ketika banyak orang lebih memilih berwisata ke Tingtingon sebab menyajikan pemandangan alam Sulawesi Utara secara komplit. Melihat semua sudut memberikan pemandangan yang berbeda dari obyek wisata lain yang dapat dinikmati.

Fasilitas Wisata di Tingtingon

Meski usia pembukaan obyek wisata masih baru, belum ada setahun, namun fasilitas yang tersedia lumayan berlimpah. Beberapa titik area wisata ini masih dalam proses pembangunan sehingga ke depannya akan semakin memukau. Beberapa fasilitas masih dalam proses dan beberapa lagi yang lainnya sudah bisa difungsikan secara normal. Kemudian di area puncak bukit juga sudah terdapat banyak pedagang yang menjajakan makanan, minuman, hingga kerajinan khas Rurukan. Datang berkunjung kesini tidak akan membuat kualitas liburan terganggu dengan fasilitas yang sudah ada.

Berbagai makanan yang dijual para pedagang terjamin halal, sebab mayoritas menjual mie instan rebus, pisang goreng, es cukur, gohu, dan masih banyak makanan khas lainnya. Jika merasa lapar para wisatawan tidak perlu khawatir untuk menyantap menu makanan khas yang halal tersebut. Menyantap berbagai kuliner khas semakin terasa istimewa dengan suasana sejuk dan asri di sekitar bukit. Jika sedang beruntung, wisatawan bisa melihat secara langsung pertunjukan tarian khas yakni Tari Kabasaran.

Para penari berasal dari masyarakat Minahasa dan wisatawan bisa meminta berfoto bersama dengan para penari. Kemudian para penari dalam setiap pementasan menyediakan kotak sumbangan, wisatawan bisa memberikan secara sukarela. Fasilitas lain seperti akomodasi pun sudah tersedia dengan hadirnya beberapa tempat menginap. Uniknya tempat menginap disini didesain dalam bentuk rumah panggung yang pengelolaannya berada di tangan pengelola Bukit Tingtingon. Jika tertarik untuk memanfaatkan penginapan panggung ini bisa segera menghubungi pengelola di kawasan wisata indah ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.